(Unila): Universitas Lampung sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional VII Ikatan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) ke-7, pada 22 hingga 25 November 2018. Acara berskala nasional ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Perpustakaan Unila dan dihadiri 39 peserta dari 20 universitas seluruh Indonesia.

Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Unila sebagai tuan rumahnya bekerja sama dengan Forum Mahasiswa Pendidikan Biologi Unila dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Raden Intan.

Adapun rangkaian kegiatan Rakornas Ikahimbi tahun ini diisi dengan seminar nasional, rapat koordinasi, dan fieldtrip ke Pulau Pahawang pada 24 November 2018. Rakornas Ikahimbi ke-7 diawali dengan pembukaan yang pada 22 November 2018 pukul 08.00 WIB. Dilanjutkan Seminar Nasional di Aula Perpustakaan Unila lantai 3.

Seminar bertajuk “Selamatkan Ekosistem Laut dari Sampah Plastik” dengan pemateri Maharani ST, M.Kes., selaku Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, serta Fembry Arianto, S.Si., selaku Species and Habitat Coordinator of WWF Southern Sumatran Programe.

Seminar ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang dapat membahayakan lingkungan sekitar khususnya ekosistem di lautan.

Setelah seminar nasional, acara dilanjutkan kegiatan inti yakni agenda sidang musyawarah Ikahimbi. Hal yang dibahas pada rapat ini antara lain penyampaian program kerja sekaligus pelaksanaannya, kondisi wilayah Ikahimbi, serta penentuan kriteria bakal calon Sekjend-Wasekjend Ikahimbi 2019-2021.

Acara selanjutnya yakni fieldtrip ke Pahawang. Para peserta melakukan transplantasi terumbu karang dan snorkling. Penutupan Rakornas Ikahimbi ke-7 dilakukan di hari terakhir pada 25 November 2018.

Sebelum penutupan, peserta mengikuti senam pagi bersama di halaman Asrama Haji pukul 07.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan kegiatan Upacara HUT Ikahimbi ke-13 pukul 13.00 WIB di Gedung Laboratorium Biologi II ruang LB1.11. Setelah itu dilanjutkan dengan Penutupan Acara Rakornas Ikahimbi ke-7 yang ditutup oleh Priyambodo selaku Pembina Himbio FMIPA Unila.[Rilis]