(Unila): Kecenderungan di era 4.0 adalah kolaborasi demi terwujudnya Lampung yang maju. Demikian disampaikan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani saat menerima kedatangan para pimpinan PLN pada penandatanganan perjanjian kerja sama PLN dan Unila di ruang sidang utama Rektorat Unila, Senin (2/12/2019).

Karomani juga menambahkan, para dosen dan peneliti Unila tengah mengembangkan pilot project untuk memanfaatkan energi terbarukan. Sejumlah perjalanan kerja sama yang telah terjalin antara Unila dan PLN.

Kerja sama itu antara lain penyusunan roadmap kelistrikan di Provinsi Lampung, menengahi perselisihan transaksi antara PT PLN Distribusi Lampung dan PT Bukit Asam, pelaksanaan analisis tegangan di Mesuji, serta pemetaan lampu jalan Kota Bandarlampung.

Karomani berharap, kerja sama kedua belah pihak menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat luas sebagaimana tujuan kontribusi institusi kepada bangsa.

General Manager (GM) PT PLN Lampung Pandapotan Manurung menjelaskan, PLN di Lampung menggandeng Universitas Lampung guna memperkuat penelitian pemetaan seluruh desa yang belum berlistrik. Termasuk besaran kebutuhan listrik dan potensi energi lokal setempat.

Dengan pendampingan yang dilakukan tim Unila dan PLN dapat diketahui potensi lokal yang dimiliki daerah dalam upaya pemerataan penggunaan listrik seluruh lapisan masyarakat. Energi listrik yang digunakan juga diharapkan dapat menambah daya dorong perekonomian desa.

“Mudah-mudahan kerja sama ini bisa bermanfaat maksimal. Unila dan PLN juga dapat saling memberikan pandangan terhadap kebijakan yang sebaiknya dilakukan,” tutupnya. [Humas]