(Unila): Universitas Lampung (Unila) meluncurkan sistem informasi akademik terpadu (Siakadu) versi 6. Salah satu keunggulan aplikasi yang sudah diuji coba akhir 2019 ini mengusung konsep user friendly.

Melalui siakad mobile apps, para pengguna (user) diberi keleluasaan mengakses fitur-fitur tambahan melalui ponsel pintar. Kemudahan yang dapat diakses meliputi biodata dosen dan mahasiswa mulai dari jadwal perkuliahan, ujian, konsultasi perkuliahan, statistik kemajuan belajar mahasiswa, KRS, transkrip, pengumuman, forum kelas, hingga pelaporan kepada orang tua.

Siakadu versi 6 besutan tim IT TIK Unila ini juga memperluas jangkauan akses para pengguna. Selain dosen dan mahasiswa, kini layanan akses dapat dijangkau jajaran pimpinan mulai tingkat universitas, fakultas, prodi/jurusan, hingga orang tua.

Tak berhenti di situ, penyempurnaan sistem akademik dari versi lama ini pun dibekali fitur tambahan. Meliputi manajemen entry data berbasis user dengan waktu login yang dapat diatur secara berbeda untuk user dosen, mahasiswa berbasis S1, S2, S3, dan D3, manajemen perekaman profil prodi, basis keamanan two factor authentification, manajemen DO mahasiswa, hingga fitur pelaporan dan pencetakan surat dan laporan usulan DO.

Ardian Ulfan selaku Kepala UPT TIK menjelaskan, Siakad V6 dengan konsep mobile application semakin memudahkan pengguna berinteraksi dengan sistem. Rancangan ini juga dikembangkan untuk mengakomodasi perubahan-perubahan sistem yang terjadi selama ini.

“Selain menjadikan data yang belum terintegrasi menjadi terintegrasi, kami mencoba mengoptimalisasi data sehingga dapat diakses dengan mudah untuk menghasilkan laporan-laporan yang berguna bagi pengambilan keputusan,” terangnya di sela-sela peluncuran Siakad versi 6 di ruang senat lantai 2 Rektorat, Kamis (23/1/2020).

Peluncuran juga disaksikan langsung Rektor Unila Prof. Karomani, Wakil Rektor Bidang PK-TIK, para dekan, para wakil dekan akademik, tim UPT TIK di lingkungan kampus setempat. [Inay_Gih/Humas]

 

 

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •