Unila Kini Miliki 64 Gubes

UNIVERSITAS Lampung (Unila) kukuhkan tiga guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), melalui rapat luar biasa senat, di GSG Unila, Rabu (29/11/2017). Dengan demikian Unila pada November 2017 memiliki 64 guru besar.

Pengukuhan dilakukan langsung Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin kepada tiga orang yang ditetapkan sebagai guru besar berdasarkan surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti).

Mereka adalah Posman Manurung, pada 1 Juli 2015, No SK: 987/SJ/IX/2015, guru besar Ilmu Fisika Material dengan capaian jumlah angka kredit 899,40 kum, orasi ilmiah berjudul Potensi Nanotitania Terdoping Untuk Aplikasi Foto Katalisis.

Mustofa Usman pada 1 Oktober 2017, No SK:76700/A2.3/KP/2017, guru besar Ilmu Statistika Terapan dengan capaian jumlah angka kredit 871,50 kum, orasi ilmiah berjudul Peran Statistika dalam Komunikasi Pemikiran Keilmuan.

Selanjutnya Sutyarso, pada 1 Maret 2017, No SK:45926/A2.3/KP/2017, guru besar Ilmu Biomedik dengan capaian jumlah angka kredit 873,40 kum, orasi ilmiah berjudul Penuaan dan Fungsi Seksual.

Hasriadi mengatakan, dengan bertambahnya sokongan jumlah guru besar dari FMIPA Unila diharapkan dapat mengangkat nama baik lembaga dan meningkatkan prestasi di bidang riset dan pengajaran, sehingga Unila menjadi salah satu perguruan tinggi unggul di Indonesia.

“Guru besar yang dikukuhkan adalah orang-orang yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Teruskanlah prestasi itu untuk mengangkat nama Unila menjadi lebih baik di antaranya adalah dengan terus melakukan riset dan pengajaran,” kata dia.

Salah satu guru besar Unila yang dikukuhkan, Posman Manurung mengatakan, menjadi guru besar merupakan bentuk pengabdian diri terhadap lembaga dan butuh perjuangan.

Posman memilih penelitian untuk menjadi guru besar di bidang nanomaterial karena memiliki lingkup aplikasi sangat luas dan bersifat unik membuat ukuran partikel sampai tingkat nano dibandingkan partikel berlimpah.

Turut hadir dalam pengukuhan, para pejabat rektorat, sivitas akademika, dan ratusan tamu undangan.[Mamanda_Inay/Humas]