LPPM Latih Peneliti Hasilkan Jurnal Berskala Internasional

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung adakan Workshop dan Klinik Penyusunan Output Penelitian Untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen.

Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis hingga Jumat (5-6 Oktober 2017) di Hotel Emersia Bandarlampung ini bertujuan untuk menambah minat tenaga pendidik atau peneliti di lingkungan Unila menghasilkan publikasi ilmiah berskala internasional dan meningkatkan jumlah citation index dari dosen/peneliti Unila melalui publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

Demikian dipaparkan Sekretaris LPPM Unila Dr. Hartoyo, M.Si., saat membacakan laporan kegiatan yang dihadiri 80-an dosen PTN dan PTS se-Sumbagsel. Menurutnya, para peserta kegiatan merupakan dosen dan peneliti penerima hibah penelitian.

“Peserta wokrshop adalah yang mendapatkan hibah fundamental, hibah kompetensi seperti Politeknik Negeri Lampung, Universitas Bengkulu, Akademi Perikanan Bhima Sakti kerja, serta penerima hibah kerja sama luar negeri dan publikasi internasional,” sebutnya.

Adapun syarat mengikuti kegiatan ini di antaranya peserta belum pernah melakukan publikasi di jurnal internasional, telah memiliki draft manuskrip yang ditulis dari hasil penelitian dengan format sesuai dengan jurnal internasional yang akan dituju dan diutamakan yang sudah submit manuskrip, skor toefl minimal 400, dan belum pernah mengikuti kegiatan sejenis.

Workshop yang digelar LPPM Unila berkerja sama dengan Kemenristekdikti ini dibuka oleh Wakil Rektor Unila Bidang PK-TIK Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc., dengan menghadirkan empat narasumber yaitu Wasmen Manalu dari IPB, Suminar Pratapa dari ITS, Dian Viantis dari UNAN, dan Sutopo Hadi dari Unila.

Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan jumlah manuskrip pada jurnal internasional yang berasal dari hibah penelitian Kemenristek Dikti tahun 2017 melalui skema Penelitian Fundamental, Hibah Kompetensi, serta Hibah Kerja sama Luar Negeri dan Publikasi Internasional.[Dwi_Inay/Humas]