(Unila): Guna perkuat sistem pembelajaran berbasis elektronik, Universitas Lampung melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Lampung (LP3M Unila) menggelar pelatihan e-learning.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi dosen Universitas Lampung ini berlangsung di ruang sidang lantai 4 Rektorat Unila, Senin (15/4/2019).

Saat membuka acara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Bujang Rahman menjelaskan, e-learning yang diselenggarakan Unila memiliki beberapa dimensi. E-learning mengaktualisasikan Unila dalam merespons perkembangan dunia menghadapi revolusi industri 4.0.

Bujang berpandangan, kehidupan masa ini tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Cirinya, komunikasi dan konektivitas antarmanusia yang dilakukan tidak terbatas ruang dan waktu.

“Pada konteks dimensi inilah aktualisasi Unila sebagai institusi maupun komunitas pendidikan merespons ilmu pengetahuan,” katanya.

Bujang juga mengungkapkan, makna dimensi selanjutnya adalah e-learning sebagai bagian integral dari akademik. Jadi fungsi e-learning sebagai suplemen atau pelengkap, sebagai komplemen atau pengganti, maupun e-learning memang menggantikan pertemuan secara total.

“Tiga hal yang harus dipersiapkan, pertama mahasiswa didrill untuk familiar dengan e-learning. Kedua, dosen harus memiliki kapasitas menguasai e-learning. Ketiga tersedianya sumber belajar atau e-learning resource yang lengkap,” urai Bujang.

Ketua pelaksana kegiatan Wahyu Eko Sulisyiono, M.Sc., menambahkan, tujuan terselenggaranya kegiatan sebagai langkah penguatan atmosfer akademik dengan tujuan agar dosen dapat menghasilkan modul e-learning.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan tiga hari ini meliputi Pengenalan dan Pengembangan Sistem e-Learning, Penggunaan e-Learning Berbasis Moodle Program, serta input bahan kuliah dan tugas e-learning.

Narasumber kegiatan yakni Gigih Fordanama dan Meizano Ardhi yang merupakan Dosen Fakultas Teknik Jurusan Elektro.[Riky/Inay_Humas]