LP3M Buat Perangkat Berbasis E-Learning

(Unila): Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung adakan Panduan Pembuatan Perangkat Berbasis e-Learning, di Ruang Sidang Lantai IV, Rabu (29/11/2017).

Kegiatan menghadirkan 26 dosen di lingkungan Universitas Lampung sebagai para peserta, dan Gigih Fordanama, S.T., M.T., dari Fakultas Teknik Unila selaku narasumber.

Sekretaris LP3M Prof. Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Akt., mengatakan, selain mampu mengajarkan kemampuan e-learning kepada rekan sejawat di program studi atau jurusan masing-masing, kegiatan ditujukan agar para dosen mampu menghasilkan modul elearning mata kuliah yang diampu.

Dengan demikian dapat meningkatkan proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional/internasional.

Sasaran dari kegiatan e-learning yaitu memerbanyak jumlah virtual class di Unila, sebagaimana peraturan akademik yang sudah disahkan Rektor pada awal tahun 2017. Unila akan memberlakukan virtual class maksimal sebanyak 25% dari semua tatap muka karena pada dasarnya V-class diperbolehkan.

“Sehingga dengan adanya V-class, kelas dapat tetap berjalan meskipun dosen yang sedang bertugas saat itu tidak dapat melakukan tatap muka,” ujarnya.

Lindrianasari melanjutkan, pengawasan pelaksanaan V-class merupakan salah satu tantangan bagi LP3M, lantaran harus ada evaluasi untuk menilai apakah V-class berjalan tidak menyalahi aturan dan tidak mengurangi kualitas pembelajaran.

V-class dapat menjadi suatu ukuran untuk akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan memberi manfaat ke depan untuk para dosen selaku pendidik di Unila.

“Semoga kegiatan ini menjadi lebih baik dan para dosen yang hadir dapat menularkan kegiatan hari ini kepada teman-teman kolega di instansi masing-masing,” tutup Lindrianasari.[Dwi_Inay/Humas]