Lokakarya Hasil Pelaksanaan Program Asuh Menuju Prodi Unggul 2017

USAI melaksanakan program pendampingan tiga perguruan tinggi swasta di Provinsi Lampung Juni lalu, Universitas Lampung (Unila) menggelar Lokakarya Hasil Pelaksanaan Program Asuh Menuju Prodi Unggul 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila ini berlangsung di Ruang Tabgha 1-2 Hotel Aston, Bandarlampung, Kamis (9/11/2017).

Ketua pelaksana program Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., mengatakan, program ini merupakan kegiatan yang telah dijalankan tiga bulan lalu guna meningkatkan AIPT pada PTS di Provinsi Lampung seperti Universitas Malahayati, Universitas Muhammadiyah Metro, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

Program perguruan tinggi asuh ini, lanjut Murhadi, akan berakhir pada Jumat (10/11/2017) sesuai kontrak yang direncanakan Juni lalu. Adapun kegiatan yang dilaksanakan seperti sosialisasi dan jalin kerja sama, kunjungan sekaligus inventarisasi SPMI di tiga PTS asuh, pelatihan penyusunan dokumen SPMI dan borang akreditasi, pelatihan AIMA, pendampingan, monev, pencangkokan/audit.

“Masing-masing PTS ini sudah menghasilkan 10 audit internal dari Universitas Malahayati, sembilan orang dari Universitas Muhammadiyah Lampung, dan delapan orang dari Universitas Muhammadiyah Metro,” ujarnya.

Ketua LP3M Unila ini berharap, program asuh menjadi triger titik masuk bagi PTS untuk mengembangkan SPMI dengan sebenarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., mewakili Rektor Unila menambahkan, program pendampingan ini merupakan bentuk sinergi antara perguruan tinggi yang ada di Provinsi Lampung.

Menurutnya, perguruan tinggi bisa maju tanpa melakukan network dengan perguruan tinggi lain merupakan sebuah keniscayaan. Di sisi lain telah terjadi dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat.

Unila bisa berada di posisi saat ini salah satunya karena selalu intens berkolaborasi dengan beberapa universitas dan pusat research di Thailand, Amerika, dan Jepang untuk mengembangkan beberapa fakultas di Kampus Hijau.[Mamanda_Inay/Humas]