Konservasi Energi Goes To Campus

(Unila): Dalam rangka menyebarluaskan informasi mengenai konservasi energi kepada masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai agen perubahan, Direktorat Konservasi Energi bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Lampung menyelenggarakan seminar “Konservasi Energi Goes To Campus”, Senin (11/09/2017) di aula fakultas setempat.

Kegiatan yang dihadiri Direktur Konsrvasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan Ida Nurhayatin Finahari ini diikuti sejumlah 219 mahasiswa dari beberapa fakultas yang ada di Unila di antaranya Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), serta sejumlah dosen FT.

Jumlah ini menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Eng Dikpride Despa sudah melebihi target yang ditetapkan sebanyak 200 peserta. Menurutnya, peserta yang hadir pada kesempatan tersebut merupakan hasil seleksi dari 300 lebih calon peserta yang sudah mendaftar online sebelum pelaksanaan kegiatan.

“Tingginya minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari ibu direktur dan para narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya, kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini dibagi menjadi dua sesi dengan narasumber yang memang sangat kompeten di bidangnya di antaranya Gita Lestari dari Ditjen EBTKE – KESDM dengan materi “Program dan Kebijakan Energi di Indonesia”, Prof. Suharno selaku Dekan Fakultas Teknik dan ahli panas bumi dengan materi “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Program Konservasi Energi”.

Sesi satu ini diakhiri oleh Eri Djunaedy dengan materi “Prinsip-prinsip Konservasi dan Efisiensi Energi”.

Selanjutnya pada sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Aris Ika Nugrahanto selaku Natioal Project UNIDO  mengenai Manajemen Energi ISO 50001 dan Audit Energi, Peluang dan Profesi Terkait Konservasi Energi. Ditutup dengan pemaparan materi “Best Practice Konservasi Energi di Sektor Industri oleh narasumber dari PT. Great Giant Pineapple.

Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini menjadi wadah inspirasi dan motivasi kepada para pengguna energi, khususnya mahasiswa dan sivitas akadmika di Unila dalam berprilaku, berinovasi, dan berkreasi untuk menerapkan upaya efisiensi dan konservasi energi demi pembangunan yang berkelanjutan.[rilis_Inay/Humas]