Unila Beri Pelatihan 50 Dosen Itera

(Unila): Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi 50 Dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kerja sama Unila-Itera, Senin (24/7/2017).

Bertempat di ruang sidang lantai II Gedung Rektorat, kegiatan yang dibuka Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin ini turut dihadiri rektor Itera dan Ketua LP3M Unila Prof. Murhadi beserta jajaran.

Hasriadi dalam sambutannya mengatakan, Pekerti ini merupakan pelatihan kedua yang dilaksanakan oleh Universitas Lampung tahun ini. Sesuai dengan undang-undang dosen wajib menjadi tenaga profesional dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Selama 5 hari ke depan mulai Senin (24/7/2017) sampai dengan Jumat (28/7/2017) para dosen baru akan mengikuti Pekerti.

“Itulah sebabnya mengapa dosen baru perlu mengikuti pelatihan Pekerti, karena dosen akan berdiri di depan kelas. Mereka harus memiliki ilmu pengetahuan juga cara untuk mendidik mahasiswa. Dosen juga harus mengetahui bagaimana cara membimbing mahasiswa untuk melakukan riset, sekaligus mengevaluasi,” ujar Hasriadi.

Lebih rinci dijelaskan Hasriadi, Pekerti membantu para dosen baru yang punya potensi menjadi tenaga profesional. Oleh sebab itu para dosen harus menjadi motivator dan mengelola kelas. “Dosen tidak menjadi satu-satunya sumber ilmu, sekarang sudah ada internet yang lebih lengkap. Sebagai dosen harus memosisikan diri sebagai motivator mahasiswa belajar seumur hidup.”

Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., juga menambahkan, ini salah satu wujud kerja sama Itera dan Unila. Unila merupakan salah satu pembina di Itera. Unila banyak membantu pengembangan mutu dosen Itera. Pekerti ini salah satu pelatihan yang harus dilakukan karena ini bekal awal dari tugas dosen.

“Jika sebagai dosen setelah selesai mengajar tapi mahasiswa tidak mengerti, sama saja dosen itu gagal. Jadilah dosen produktif yang disenangi orang lain. Dan harus memiliki cara bagaimana mengajar daan mendidik dengan baik.”[Dwi_Humas]