Kelas Literasi Informasi dan Duta Baca Perpus 2017

(Unila): Dalam rangka mengembangkan layanan dan promosi Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) kembali mengadakan kegiatan kelas literasi informasi dan penobatan duta baca Perpustakaan Unila tahun 2017.

Kelas Literasi Informasi dilaksanakan pada Selasa (29/8/2017) di ruang Auditorium lantai III UPT Perpustakaan. Acara ini diikuti 75 peserta dari pustakawan di seluruh Unila, Komunitas Minat Baca, Japanila, serta beberapa perwakilan dari unit kegiatan mahasiswa yang ada di Unila.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Unila Mardiana menyampaikan, Kelas literasi informasi telah bebepa kali dilaksanakan mengingat banyaknya kebutuhan pemustaka, khususnya sivitas akademika Unila.

“Maka sangat diperlukan keterampilan dalam mencari, memeroleh, menganalisis, dan mengimplementasikan informasi secara efektif, efisien,” ungkap Mardiana.

Setelah pembukaan, rangkaian acara dilanjutkan dengan penobatan Duta Baca Perpustakaan Unila tahun 2017. Mahasiswa yang terpilih menjadi Duta Baca Putra adalah Ahmad Afan Efendi, Jurusan Biologi FMIPA Unila angkatan 2014 dan Duta Baca Putri Ulfa Umayasari berasal dari Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP Unila angkatan 2014.

Sementara Wakil Duta Baca Putra didapuk Ahmad Robi Ulzikri dari Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unila angkatan 2015 dan Wakil Duta Baca Putri Restu Pratiwi dari Teknik Informatika Unila angkatan 2014.

Mardiana berpesan, mereka yang terpilih menjadi duta baca harus mampu berkontribusi optimal untuk perpustakaan. Misalnya dengan mempromosikan dan mengampanyekan nilai positif perpustakaan Unila, membantu mengajak pengunjung memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan, serta menggalakkan dan menarik minat baca mahasiswa.

Acara yang dimulai pukul 8.30 WIB hingga 15.30 WIB ini menghadirkan dua pemateri. Pertama Rd. Erni Fitriani selaku Pustakawan Unila yang memaparkan dasar literasi, metode penelusuran, e-resources yang dimiliki Unila melalui website library.unila.ac.id, http:// digilib.unila.ac.id, opac.unila.ac.id serta penelusuran koleksi ilmiah, e-journal dan e-book baik yang telah dilanggan Unila atau yang tidak, tetapi dapat diunduh secara gratis.

Sedangkan pemateri kedua disampaikan oleh Nurhidayah dengan materi Reference Manager (Mendeley) aplikasi pencarian, penyimpanan, dan penulisan dalam membuat karya ilmiah.

Fungsi manajer referensi ini memungkinkan penulis untuk mencari literatur yang relevan, menyimpan referensi dan informasi bibliografi pada database, serta membantu penulisan sitasi dan referensi (daftar pustaka) mengikuti format tertentu, misal APA, IEEE, dan sebagainya.

Peserta sangat antusias dengan beberapa materi yang disampaikan. Selain dimoderatori oleh duta baca terpilih yang cakap dan komunikatif, saat sesi audiensi pun ada doorprize dari panitia. Semoga kegiatan seperti ini akan diadakan kembali pada waktu yang berbeda.[rilisPerpustakaan_Inay/Humas]

.