BPHM Gelar FGD Standar Pelayanan Minimal

(Unila): Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Universitas Lampung (BPHM Unila) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kegiatan berlangsung Kamis (8/11/2018) siang, di ruang sidang lantai 2 Rektorat Unila.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Teknologi Informasi Komunikasi Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, M.Sc., dalam arahannya menyampaikan, SPM adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib pemerintah dan berhak diperoleh setiap warga secara minimal.

“Pelayanan dasar adalah jenis pelayanan publik yang mendasar dan mutlak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan pemerintahan,” terangnya.

Menurutnya, SPM disusun sebagai pedoman BLU menyelenggarakan layanan bagi masyarakat dan menjamin hak mereka untuk menerima suatu layanan.

SPM juga sebagai alat untuk menentukan alokasi anggaran yang dibutuhkan dan alat akuntabilitas BLU dalam penyelenggaraan layanannya. Dengan adanya SPM  dapat mendorong terwujudnya checks and balances serta terciptanya transparansi dan partisipasi masyarakat menyelenggarakan layanan BLU.

Ruang lingkup SPM, tambah Mahatma, terdiri dari bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan administrasi.

SPM bidang pendidikan terdiri dari Standar Isi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran, Standar Penilaian Pembelajaran, Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Standar Pengelolaan Pembelajaran, serta Standar Pembiayaan Pembelajaran.

SPM bidang penelitian terbagi atas Standar Hasil Penelitian, Standar Isi Penelitian, Standar Proses Penelitian, Standar Penilaian Penelitian, Standar Peneliti, Standar Sarana dan Prasarana Penelitian, Standar Pengelolaan Penelitian, serta Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian.

Sedangkan SPM bidang pengabdian kepada masyarakat terdiri dari Standar Hasil Pengabdian Masyarakat, Standar Isi Pengabdian Masyarakat, Standar Proses Pengabdian Masyarakat, Standar Penilaian Pengabdian kepada Masyarakat, Standar Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat, Standar Sarana dan Prasarana Pengabdian kepada Masyarakat, serta Standar Pengelolaan Pengabdian kepada Masyarakat.

SPM bidang administrasi terdiri dari Standar Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan, Standar Pelayanan Administrasi Keuangan, Standar Pelayanan Administrasi Kepegawaian, Standar Pelayanan Administrasi Perlengkapan, dan Standar Pelayanan Administrasi Umum.

Dalam mendiskusikan hal ini Mahatma didampingi Kepala BPHM Harsono Sucipto, M.H., mengajak seluruh jajaran pimpinan fakultas dan lembaga yang ada di Unila untuk turut berkontribusi.[Caca/Humas]