371 Orang Mendaftar S-2 Unila

(Unila): Sebanyak 371 orang mendaftarkan diri dalam program magister (S-2) Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) gelombang pertama yang dibuka sejak Januari lalu. Seluruh peserta telah mengikuti seleksi di Gedung Serbaguna Universitas Lampung, Sabtu (18/4) lalu.

Menurut Direktur Pascasarjana Unila Prof. Dr. Sudjarwo, M.S., jumlah tersebut masih jauh dari kapasitas juga daya tampung Pascasarjana Universitas Lampung. Pasalnya Kampus Hijau ini sekarang sudah memiliki 29 program studi (prodi) yang masing-masing mampu menampung 40 mahasiswa.

Jika terisi penuh, kata dia, seharusnya program magister Unila dapat menampung sekitar 1.160 mahasiswa. Kendati demikian menurut Sudjarwo, meski peminat masih minim dan beberapa program studi belum memiliki pendaftar, dirinya menekankan Unila tetap akan tetap memberlakukan sistem seleksi sesuai dengan standar yang berlaku.

“Walaupun jumlahnya lebih kecil dari daya tampung, kami tetap akan melakukan seleksi sesuai standar pascasarjana. Jadi tidak berarti semua bisa lulus dan diterima,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Sudjarwo juga belum bisa merinci jumlah pendaftar S-2 Unila yang berasal dari luar kota. Dirinya hanya menjelaskan, 371 orang pendaftar tersebut merupakan pendaftar di gelombang pertama semester ganjil 2015.

Sementara pendaftaran gelombang kedua akan dibuka awal Mei mendatang. Berdasarkan data, pendaftar terbanyak pada gelombang pertama berada pada program studi Magister Hukum dengan jumlah 50-an pendaftar.

Terkait materi tes, Sujarwo menjelaskan peserta mengikuti tes tertulis yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara yang dilakukan selama satu hari. “Wawancara dilakukan langsung oleh masing –masing ketua program studi, setelah mereka mengikuti tes tertulis,” terangnya.

Pengumuman hasil tes seleksi gelombang pertama akan diumumkan pada 30 April ini. Selain itu seluruh pendaftar gelombang pertama dan kedua yang dinyatakan lolos akan mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan awal September sesuai kalender akademik Unila.[]