BADAN Pengelola Mata Kuliah Umum (BPMKU) adakan pembekalan bagi 101 dosen mata kuliah pengampu Pendidikan Etika dan Kearifan Lokal (PEKL). Kegiatan dilaksanakan dua hari mulai Senin-Selasa (14-15/08/2017) di ruang sidang lantai II gedung Rektorat.

Ke-101 dosen itu antara lain berasal dari FEB sebanyak 14 dosen, FH sebanyak 17 dosen, FKIP sebanyak 16 dosen, FP sebanyak 10 dosen, FT sebanyak 16 dosen, FISIP sebanyak 16 dosen, FMIPA sebanyak 10 dosen, dan FK sebanyak 2 dosen.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si. Dalam pembukaannya Bujang mengatakan, Unila saat ini meletakkan satu sejarah baru dalam perjalanannya yang telah mencapai lebih dari setengah abad.

Unila melahirkan satu mata kuliah yang diharapkan menjadi penciri khas Kampus Hijau. Mata kuliah ini lahir dengan proses yang panjang, pikiran yang mendalam, dan kritikal yang komprehensif.

Mata kuliah ini memang belum terlihat dalam waktu dekat namun di masa mendatang akan terasa. Bahkan ada dua sampai tiga universitas lain yang ingin studi banding ke Unila untuk memelajari mata kuliah ini.

Salah satu konten yang ada pada mata kuliah ini adalah pendidikan moral yang ditujukan untuk membentuk karakter bangsa. Mata kuliah ini sudah disahkan oleh senat untuk masuk ke dalam kurikulum pada 29 Juli 2017 lalu.

“Tapi perlu diingat, kurikulum tidak ada yang bersifat absolut tapi bersifat dinamis, dalam arti mengikuti perkembangan yang ada. Namun hal itu dilakukan secara berkelanjutan, dari semester ke semester dan dari tahun ke tahun.”

Ketua BPMKU Drs. Ismono Hadi, M.Si., mengatakan, mata kuliah Pendidikan Etika dan Kearifan Lokal digagas oleh Prof. Bujang Rahman. Pada awalnya PEKL dinamai mata kuliah Etika Global. Setelah mendapat persetujuan Rektor, tepatnya pada 29 Mei 2017, Etika Global diubah dengan spesifikasi mata kuliah PEKL.

Menurutnya, mata kuliah PEKL bisa dioperasikan pada semester ganjil. BPMKU juga memiliki 22 dosen kontrak di bawah pembinaan langsung BPMKU. Dari 22 dosen tersebut, 4 dosen sudah menyelesaikan program S3.[Dwi_Inay/Humas]

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •