(Unila): Universitas Lampung (Unila) menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati Dies Natalis ke-58 pada Jumat, 8 September 2023. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian yakni senam bersama dan lomba permainan tradisional yang diikuti keluarga besar Unila.

Senam bersama di lapangan belakang rektorat dimulai pukul tujuh pagi dipandu tiga instruktur profesional dan berlangsung selama satu jam. Peserta senam terdiri dari jajaran pimpinan, dosen, tendik, dan mahasiswa Unila yang tampak antusias mengikuti gerakan senam.

Setelah senam, peserta menikmati sarapan bersama dan mendaftar untuk mengikuti lomba tradisional. Tiga jenis lomba tradisional yang diselenggarakan, yaitu lomba terompah, lomba tarik tambang, dan lomba balap karung. Ketiga lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu putra dan putri.

Peserta lomba berasal dari perwakilan fakultas dan KPA Unila. Lomba terompah menjadi lomba pertama yang diselenggarakan. Baik peserta maupun suporter antusias mengikuti rangkaian lomba yang berlangsung meriah diiringi musik penyemangat.

Lomba selanjutnya yakni tarik tambang putra dan putri. Lomba ini menjadi lomba paling seru dan menegangkan. Tim fakultas teknik dan KPA menjadi dua tim yang bersaing ketat meraih juara. Suporter kedua tim antusias memberikan dukungan hingga kedua tim berhasil memenangkan lomba.

Lomba terakhir yakni balap karung yang juga diikuti perwakilan fakultas dan KPA Unila. Lomba ini berlangsung penuh keceriaan dan kekompakan.

Penyelenggaraan lomba berlangsung hingga pukul 11.35 WIB. Turut hadir Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Rudy, S.H., LL.M., LL.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustiana Zainal, S.Sos., M.Si.

Sebelum acara ditutup, panitia mengumumkan pemenang dari masing-masing jenis perlombaan. [Angelino Vinanti Sonjaya]