(Unia): Dalam rangka memperingati dies natalis ke-58, Universitas Lampung (Unila) mengadakan acara silaturahmi para guru besar atau profesor yang berlangsung di Gedung Student Center (SC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Selasa, 12 September 2023.

Kegiatan bertujuan untuk mempererat hubungan antara para profesor di Unila dan memberikan masukan demi kemajuan universitas. Acara ini mengusung tema “Peran Guru Besar/Profesor dan Percepatan Terwujudnya Be Strong Universitas Lampung”.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Rudy, S.H., LL.M., LL.D., mewakili Rektor Unila saat membuka acara mengatakan, Unila memiliki 136 profesor, di mana 114 di antaranya masih aktif mengajar dan melakukan penelitian.

Rudy berharap, jumlah profesor yang semakin meningkat ini dapat berkontribusi positif untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan bidang lainnya di Unila.

Acara silaturahmi juga menjadi ajang bagi para profesor untuk berbagi gagasan dan pendapat tentang bagaimana Unila dapat bersaing di tingkat internasional.

Acara ini dihadiri rektor senior yang juga salah satu profesor purnabakti Unila Prof. Dr. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc. Guru Besar Bidang Ilmu Tanah Fakultas Pertanian ini berharap ada tindak lanjut dari acara ini berupa pembentukan Forum Guru Besar Unila.

Forum tersebut dapat menjadi wadah bagi para profesor di Unila untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Universitas Lampung yang kini memiliki jargon Be Strong!.

Gagasan Prof. Muhajir disetujui para profesor lain yang hadir, termasuk Prof. Admi Syarif, Ph.D. Guru Besar Bidang Ilmu Komputer FMIPA ini menyatakan, Unila merupakan media bagi masyarakat Lampung untuk menempuh pendidikan tinggi yang mengasah intelektualitas mereka agar bisa bersaing secara global.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., mengakhiri acara dengan mengucapkan terima kasih kepada para profesor yang telah berpartisipasi.

Ia juga menyatakan, gagasan-gagasan yang dihasilkan dari kegiatan ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan Unila dan akan diimplementasikan di masa mendatang. [Imam Gunawan]