Sekolah Diimbau Segera Isi PDSS

(Unila): Pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 bakal ditutup 20 Februari mendatang. Sementara pendaftaran SNMPTN secara online dijadwalkan mulai 29 Februari hingga 12 Maret.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh sekolah yakni tata cara pengisian PDSS yang merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Sehingga PDSS adalah penting, namun terkadang kurang mendapat perhatian sekolah. Padahal sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN 2016 adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah nasional (NPSN) dan mengisi PDSS.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Lampung (UPT TIK Unila) Muhamad Komarudin mengimbau sekolah-sekolah di Lampung untuk segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.

Menurutnya hingga kemarin pengisian PDSS oleh sekolah masih rendah. Sebagian besar siswa yang terdata di PDSS berasal dari sekolah-sekolah yang baru meluluskan siswa angkatan pertamanya. “Jadi sekolah-sekolah yang sudah lama berdiri malah masih jarang mengisi PDSS-nya,” ujarnya.

Menurut Komarudin, pengisian data ini dijadwalkan hingga 20 Februari. Namun pihaknya mengimbau sekolah untuk segera mencicil mengisi PDSS. “Kalau waktunya sudah mepet server tidak kuat menampung dan error sehingga dikhawatirkan siswa yang bersangkutan bisa tidak lulus,” kata dia.

Adapun pada SNMPTN tahun ini prosesnya dimulai sejak Januari hingga Mei 2016. Diawali dengan penelusuran portofolio siswa dan sekolah melalui pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada 18 Januari–20 Februari 2016.

Kemudian tes SNMPTN yang pendaftarannya dimulai dari 29 Februari–29 maret 2016. Lalu masa pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 22 Maret hingga 24 April. Baru nanti proses seleksi yang diadakan pada 24 Maret – 8 Mei. Selanjutnya hasil seleksi itu akan diumumkan pada 10 Mei 2016.[inay]