Persiapkan Lulusan Profesional, Unila Selenggarakan Orientasi PPG

IMG_0049
IMG_0051
IMG_0073

(Unila): Sebanyak 61 peserta mengikuti orientasi akademik Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bersubsidi gelombang II tahun 2018, di aula Dekanat FKIP Universitas Lampung (Unila). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai 8-10 Februari 2018.

Pada orientasi kedua hari ini, Jumat (9/2/2018) Wakil Rektor I Bidang Akademik Profesor Bujang Rahman menyampaikan kuliah umum bertajuk Empat Kompetensi Wajib yang Dimiliki Seorang Guru.

Bujang mengatakana, kompetensi wajib itu antara lain, kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Guru profesional dan berkarakter harus dibangun dari sejumlah kompetensi yang saling terkait satu sama lainnya.

Kompetensi kepribadian dijadikan pondasi bagi kompetensi lainnya. Sedangkan kompetensi pedagogik dan profesional yang berpijak pada kompetensi kepribadian harus berfungsi untuk menopang kompetensi sosial sebagai manifestasi publik terhadap kualitas profesionalisme guru.

Kompetensi yang berkontribusi secara signifikan dan berkaitan langsung dengan pembentukan kepribadian peserta didik adalah kompetensi kepribadian diikuti kompetensi pedagogik serta relevansinya dengan penerapan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, kepribadian, dan teori pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Sementara kompetensi sosial berkaitan dengan kemampuan guru secara umum dalam berinteraksi dengan orang lain terutama dengan peserta didik. Adapun kompetensi profesional dalam arti sempit lebih kepada sejauh mana kemampuan guru dalam menguasai mata pelajaran tertentu.

Ketua Pelaksana Orientasi Akademik Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dr. Sunyono, M.Si., menyebutkan, peserta yang hadir berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris juga Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Matematika.

Program studi PPG ini merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/ DIV nonkependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru profesional masa depan dan siap bersaing menghadapi tuntutan jaman.[Riky Fernando/Inay_Humas]