(Unila): Dalam rangka mewujudkan Education for Technology and Innovation (HETI) Project, Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) mengadakan International Guest Lecture (kuliah umum internasional) di Aula Pascasarjana kampus setempat, Sabtu, 2 Maret 2024.

Kuliah umum bertema “Tropical Forest Ecosystem Conversation” ini dibuka Drs. Tugiyono, M.Si., Ph.D., Kepala Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan, mewakili Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., yang berhalangan hadir.

Pada kegiatan ini, Unila menghadirkan dua pembicara terkemuka, yaitu Prof. Bernard Roitberg, B.Sc., M.Sc., Ph.D., FRES., dari Simon Fraser University, Kanada, dan Prof. Chris Sallis, B.A., MEd., Konsultan Spesialis dari ADB Kanada.

Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola ekosistem hutan tropis yang penting bagi keberlangsungan lingkungan.

Pada sesi pertama, Prof. Bernard Roitberg memaparkan pengembangan model teoritis untuk mengelola hutan di Kanada serta pemanfaatan serangga yang bermanfaat dalam pertanian.

Pada sesi kedua, Prof. Chris Sallis membahas tentang penelitian mengenai interaksi nyamuk dan manusia dalam konteks biologi konservasi.

International Guest Lecture turut dihadiri para mahasiswa dan dosen dari Program Studi Pascasarjana Ilmu Lingkungan Unila, serta berbagai pihak yang tertarik dengan konservasi ekosistem hutan tropis.

Prof. Tugiyono menyatakan harapannya agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk belajar dari pengalaman dan pengetahuan para pembicara. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua anggota panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan.

International Guest Lecture ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan akademik mahasiswa Unila dan memperkuat kerja sama antarlembaga di tingkat internasional. [Magang_Tryolla Putri Noor Harvani]