Darma Wanita Unila Peringati Hari Kartini ke-136

(Unila): Darma Wanita Persatuan Universitas Lampung (DWP Unila) menggelar peringatan Hari Kartini ke-136 tahun 2015 di Gedung Serbaguna Unila, Jumat (24/4).

Kegiatan kali ini mengusung tema Melalui Peringatan Hari Kartini Kita Teladani Semangat Perjuangan RA Kartini Sebagai Inspirasi Kaum Wanita dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Keluarga Beragama dan Bernegara.

Acara dibuka dengan persembahan Tari Sembah oleh Taman Kanak-kanak Darma Wanita Persatuan Unila. Dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat RA Kartini dan penampilan drum band  juga dari TK binaan kampus setempat.

Kegiatan ditujukan untuk memeringati Hari Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita yang merupakan perwujudan pernghormatan atas pejuang kaum perempuan dan kesetaraan gender. Selain itu meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam memberdayakan diri tidak hanya secara fisik tetapi pola berpikir menjadi perempuan yang lebih percaya diri, maju, dan mandiri.

Peserta berasal dari pengurus dan anggota Darma Wanita Unila serta Darma Wanita Fakultas di lingkungan Unila sebanyak 80 orang.

Untuk mengisi acara Hari Kartini ini Darma Wanita Unila menyuguhkan pemeriksaan kesehatan melalui tes darah untuk mendeteksi kandungan gula darah, kolesterol, dan asam urat serta bazaar yang berasal dari pengurus Darma Wanita Unila sebanyak 10 stand.

“Melalui peringatan Hari Kartini ke-136 ini mengingatkan kita bagaimana RA Kartini memperjuangkan harkat wanita. Dengan semangat itu mudah-mudahan bisa lebih memberi arti kehidupan wanita pada umumnya sehingga menjadi wahana bagi para ibu untuk melaksanakan tugas secara mandiri,” ujar Ketua Darma Wanita Unila Mega Sugeng P. Harianto.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., selaku Pembina Darma Wanita Persatuan Unila mengimbau kepada seluruh wanita, khususnya generasi muda untuk terus meneladani perjuangan RA Kartini. “Namun tetap dengan memprioritaskan kodratnya sebagai perempuan,” pungkasnya.[]