BPHM Tingkatkan Kompetensi Penyusunan Laporan

(Unila): Guna meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dalam hal penyusunan laporan kegiatan yang berkualitas, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Universitas Lampung mengadakan Pelatihan Akuntabilitas Laporan, Kamis (12/11).

Pelatihan yang dilangsungkan di Hotel Emersia, Bandarlampung ini diperuntukkan bagi para kasubbag perencanaan dan kepegawaian, kasubbag akademik/kemahasiswaan, staf penyusun laporan kinerja kegiatan fakultas, staf penyusun laporan dari LPPM, LP3M, UPT, BPU, BAK, BUK, serta BPHM. Secara total peserta berjumlah 60 orang.

Kepala BPHM Drs. Mardi Syahperi, M.M., saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan, pelatihan ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kompetensi para tenaga kependidikan dalam hal membuat laporan kegiatan. “Kualitas laporan kegiatan antarunit kerja yang sesuai dengan standar penyusunan laporan kegiatan juga masih perlu ditingkatkan. Untuk itu kita gelar pelatihan ini,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi di Universitas Lampung selama ini telah menerapkan prinsip-prinsip transparasi dan akuntabilitas laporan pada setiap kegiatan. Transparansi merupakan keterbukaan dalam melakukan segala kegiatan organisasi, seperti keterbukaan informasi, komunikasi, bahkan dalam hal anggaran.

Transparansi di Unila juga dapat dimaknai sebagai proses keterbukaan dari para pimpinan sehingga arus informasi yang ke luar dan masuk dapat berjalan berimbang. “Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan mutu dan kualitas laporan kegiatan pada setiap unit kerja yang sesuai dengan standar,” kata dia.

Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV Unila Dr. Ir. Lusmelia Afriani, D.E.A., ini berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Elida Purba dengan judul materi Laporan Kinerja Unit Kerja dan Laporan Kegiatan dan Sigit Prasetyo, S.A.B., yang menyampaikan materi tentang Petunjuk Teknis Akuntabilitas Kinerja Universitas Lampung.[*]