Info SBMPTN

Info SBMPTN

Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Dikti Kemdikbud ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah seleksi bentuk lain tersebut, yang menggunakan tes tertulis dan tes ketrampilan sebagai sistem penilaian. Tahun 2011-2012 lalu tes ini yang disebut SNMPTN jalur tulis.

Untuk jalur SBMPTN, katanya, peserta diharuskan membayar biaya tes dan pelaksana akan dilakukan secara regional oleh kepanitian yang dibentuk beberapa PTN terdekat. Tes ini dapat diikuti oleh siswa dari dua angkatan sebelumnya (2011 dan 2012). Tes ketrampilan untuk jurusan tertentu akan dilaksanakan bersamaan dengan tes SBMPTN.

Latar Belakang

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2013, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain untuk lulusan tahun 2013, SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012, untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Tujuan

  1. Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.
  2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ketentuan Umum

SBMPTN 2013 adalah mekanisme seleksi masuk PTN melalui Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.

Persyaratan

Pendaftaran

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Wilayah I

Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah I Nama Panlok Kode Panlok
11 UNIVERSITAS SYIAH KUALA 

BANDA ACEH 11
12 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 

LHOKSEUMAWE 12
14 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 

MEDAN UNIMED 14
15 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 

MEDAN USU 15
17 UNIVERSITAS NEGERI PADANG 

PADANG 17
18 UNIVERSITAS ANDALAS 

PADANG 17
19 UNIVERSITAS RIAU 

PEKANBARU 19
20 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM 

PEKANBARU 19
21 UNIVERSITAS JAMBI 

JAMBI 21
22 UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI 

BOGOR 33
23 UNIVERSITAS SRIWIJAYA 

PALEMBANG 23
24 UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG 

BOGOR 33
25 UNIVERSITAS BENGKULU 

BENGKULU 25
27 UNIVERSITAS LAMPUNG 

LAMPUNG 27
30 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 

JAKARTA 30
31 UNIVERSITAS INDONESIA 

JAKARTA 30
32 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA 

JAKARTA 30
33 INSTITUT PERTANIAN BOGOR 

BOGOR 33
34 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 

BANDUNG 34
35 INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 

BANDUNG 34
36 UNIVERSITAS PADJADJARAN 

BANDUNG 34
37 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI 

BANDUNG 34
38 UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA 

BANTEN 38
71 UNIVERSITAS TANJUNG PURA 

PONTIANAK 71

Wilayah II

Wilayah III

Wilayah IV

Waktu

Pendaftaran secara on line dimulai dari tanggal 13 mei 2013 pukul 08.00 sampai dengan 7 juni 2013 pukul 22.00 WIB

Biaya

  • Biaya Ujian Tertulis
  1. Rp.175.000,00 (seratus tujuhpuluh lima ribu rupih) setiap peserta untuk setiap kelompok ujian saintek atau kelompok ujian soshum.
  2. Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)setiap peserta untuk kelompok ujian campuran (saintek dan soshum).
  • Biaya Ujian Keterampilan

Biaya ujian keterampilan untuk setiap jenis adalah sebesar Rp.150.000,00(seratus limapuluh ribu rupiah)untuk setiap peserta.

Jenis ujian keterampilan terdiri atas:

  1. Ujian keterampilan olah raga
  2. Ujian keterampilan sendratasik
  3. Ujian keterampilan seni tari
  4. Ujian keterampilan seni music
  5. Ijian keterampian seni rupa dan/atau desain.

Sebagai contoh: jika calon peserta memilih satu (satu) jenis ujian keterampilan, maka peserta membayar Rp.150.000,00, jika memilih 2 (dua) jenis ujian keterampilan maka peserta membayar Rp.300.000,00 dan jika memilih 3(tiga) jenis ujian keterampilan maka peserta membayar sebesar Rp 450.000,00

  • Kategori Pembayaran Peserta

Kategori

Ikut SNMPTN 2013

Calon peserta Pendaftar Bidikmisi

Lulus SNMPTN 2013

Biaya Seleksi

1

Tidak

Tidak

-

Bayar

2

Tidak

Ya

-

Tidak Bayar

3

Ya

Ya

Tidak

Tidak Bayar

4

Ya

Tidak

Ya/Tidak

Bayar

5

Ya

ya

ya

Bayar

 

Cara Pendaftaran

** Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.


Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id dengan tata cara sebagai berikut.

  1. Calon peserta membayar biaya ujian melalui Loket/ATM/Internet Bangkink/SMS Bangking Bank Mandiri. Tata cara pembayaran biaya seleksi dikelompokan dalam 5 (lima) kategori sebagaimana dapat dilihat pada Tabel berikut (selengkapnya lihat lampiran 1 online):

    Kategori

    Ikut SNMPTN 2013

    Calon peserta Pendaftar Bidikmisi

    Lulus SNMPTN 2013

    Biaya Seleksi

    1

    Tidak

    Tidak

    -

    Bayar

    2

    Tidak

    Ya

    -

    Tidak Bayar

    3

    Ya

    Ya

    Tidak

    Tidak Bayar

    4

    Ya

    Tidak

    Ya/Tidak

    Bayar

    5

    Ya

    ya

    ya

    Bayar

     

  2. Calon peserta kategori 1, pada saat melakukan pembayaran harus memasukan tanggal lahir dengan format 2 (dua) digit tanggal, 2 (dua) digit bulan, dan 4 (empat) digit tahun (contoh: 01091995), sedangkan calon untuk peserta kategori 4 dan 5 harus memasukan KAP SNMPTN 2013.
  3. Calon peserta membayar biaya ujian sebesar Rp.175.00,00 untuk kelompok ujian saintek/soshum, atau Rp.200.000,00 untuk kelompok ujian campuran.
  4. Jika calon peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian keterampilan yang diikuti sebanyak-banyaknya 3 (tiga) jenis ujian keterampilan, baik untuk kelompok ujian saintek, soshum, maupun kelompok ujian campuran.
  5. Jika calon peserta mengikuti ujian keterampilan, maka harus membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp.150.000,00 untuk setiap jenis ujian keterampilan.
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kategori 1 akan menerima bukti pembayaran yang berisi:(a) Kode Akses Pembayaran (KAP) berupa angka sebanyak 12 digit, dan(b) PIN SBMPTN 2013 berupa angka sebanyak 16 digit. Sedangkan calon peserta kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN 2013 saja. KAP dan PIN SBMPTN 2013 ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN 2013 sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  7. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. Dengan menyiapkan:
    1. KAP dan PIN SBMPTN 2013.
    2. File pasfoto berwarna, berpakaian resmi (bukan T-shirt), dan terbaru dengan wajah menghadap kedepan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi atau 400 x 600 pixels dan ukuran file maksimum 100 KB dalam format JPG atau PNG.
  8. Calon peserta melakukan pengisian borang elektronik pendaftaran dengan tata cara sebagai berikut:
    1. Calon peserta harus memasukan KAP dan PIN SBMPTN 2013, serta mengisikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia (CAPTCHA), kemudian menekan tombol login.
    2. Calon peserta mengisi borang elektronik pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian borang selesai, akan muncul kartu tanda bukti pendaftaran. Tata cara pengisian borangelektronikdapat dilihat pada lampiran 2 online, sedangkan screenshot dari laman pendaftaran online ada pada lampiran 3 online
    3. Calon peserta harus menyimpan file kartu tanda bukti pendaftaran dengan cara meletakkan kursor dibagian atas kartu tanda bukti pendaftaran,selanjutnya klik kanan dan pilih”save images as”atau “save picture as”.
    4. Calon peserta mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan menekan tombol cetak.
    5. calon peserta menandatangani kartu tanda bukti pendaftaran yang berlaku sebagai kartu tanda peserta SBMPTN 2013, apabila kartu tanda bukti pendaftaran tidak ditanda tangani maka dianggap tidak sah. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa pada saat ujian tertulis dan ujian keterampilan.

Khusus calon pendaftaran bidikmisi

  1. Calon peserta pendaftran bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2013 tetapi tidak lulus seleksi dapat mengikuti SNMPTN tanpa membayar biaya seleksi . pendaftaran on line dilakukan dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari bidikmisi –ditjen dikti.
  2. Calon peserta pendaftar bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2013 dan dinyatakan tidak lulus seleksi, diperbolehkan mengikuti SNMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi di bank mandiri untuk memperoleh PIN SNMPTN 2013 dengan menggunakan KAP yang diperoleh dari bidikmisi –ditjen dikti dapat melakukan pendaftaran on line. Tata cara pembayaran biaya seleksi dapat dilihat pada lampiran 1 online.

Bagan Alur Pendaftaran

Alur SBMPTN

Kelompok : SAINTEK

Nama PTN : UNIVERSITAS LAMPUNG

Kelompok : SAINTEK


Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
271011 AGROTEKNOLOGI Tidak Ada 90 952 Tidak Ada Syarat
271025 AGRIBISNIS Tidak Ada 60 1151 Tidak Ada Syarat
271033 TEKNIK GEOFISIKA Tidak Ada 30 344 Tidak Ada Syarat
271041 TEKNIK SIPIL Tidak Ada 60 816 Tidak Ada Syarat
271055 KIMIA Tidak Ada 50 233 Lihat
271063 BIOLOGI Tidak Ada 50 443 Lihat
271071 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN Tidak Ada 30 513 Tidak Ada Syarat
271085 PETERNAKAN Tidak Ada 30 427 Tidak Ada Syarat
271093 KEHUTANAN Tidak Ada 30 436 Tidak Ada Syarat
271106 TEKNIK PERTANIAN Tidak Ada 30 439 Tidak Ada Syarat
271114 MATEMATIKA Tidak Ada 50 289 Tidak Ada Syarat
271122 FISIKA Tidak Ada 30 154 Lihat
271136 TEKNIK MESIN Tidak Ada 40 528 Tidak Ada Syarat
271144 TEKNIK ELEKTRO Tidak Ada 60 517 Tidak Ada Syarat
271152 PEND. MATEMATIKA Tidak Ada 40 959 Tidak Ada Syarat
271166 PEND. FISIKA Tidak Ada 40 594 Tidak Ada Syarat
271174 PEND. KIMIA Tidak Ada 40 761 Tidak Ada Syarat
271182 PEND. BIOLOGI Tidak Ada 40 1383 Tidak Ada Syarat
271196 TEKNIK KIMIA Tidak Ada 30 256 Lihat
271203 PEND. KEDOKTERAN Tidak Ada 60 2170 Lihat
271211 BUDIDAYA PERAIRAN Tidak Ada 30 406 Tidak Ada Syarat
271225 ILMU KOMPUTER Tidak Ada 35 1666 Tidak Ada Syarat

Kelompok : SOSHUM

Nama PTN : UNIVERSITAS LAMPUNG

Kelompok : SOSHUM


Kode. Nama. Ujian Keterampilan. Daya Tampung 2013. Peminat 2012. Syarat Fisik.
272013 HUKUM Tidak Ada 175 1945 Tidak Ada Syarat
272021 SOSIOLOGI Tidak Ada 35 858 Tidak Ada Syarat
272035 ILMU PEMERINTAHAN Tidak Ada 35 995 Tidak Ada Syarat
272043 MANAJEMEN Tidak Ada 75 2156 Tidak Ada Syarat
272051 IESP Tidak Ada 50 637 Tidak Ada Syarat
272065 AKUNTANSI Tidak Ada 60 1637 Tidak Ada Syarat
272073 ILMU KOMUNIKASI Tidak Ada 35 1337 Tidak Ada Syarat
272081 ILMU ADM. NEGARA Tidak Ada 35 908 Tidak Ada Syarat
272095 ILMU ADM. NIAGA/BISNIS Tidak Ada 35 808 Tidak Ada Syarat
272102 PPKN Tidak Ada 40 610 Tidak Ada Syarat
272116 PEND. SEJARAH Tidak Ada 40 590 Tidak Ada Syarat
272124 PEND. GEOGRAFI Tidak Ada 40 877 Tidak Ada Syarat
272132 PEND. EKONOMI Tidak Ada 40 896 Tidak Ada Syarat
272146 PENJASKESREK Pendidikan Jasmanidan Olahraga 30 698 Tidak Ada Syarat
272154 BIMB. KONSELING Tidak Ada 25 886 Tidak Ada Syarat
272162 PEND. BAHASA INDONESIA Tidak Ada 40 853 Tidak Ada Syarat
272176 PEND. B. INGGRIS Tidak Ada 40 1293 Tidak Ada Syarat
272184 PGSD Tidak Ada 70 1684 Tidak Ada Syarat
272192 PEND. SENI DRAMA,TARI&MUSIK Sendratasik 20 221 Tidak Ada Syarat
272205 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Tidak Ada 30 515 Tidak Ada Syarat
272213 HUBUNGAN INTERNASIONAL Tidak Ada 25 Tidak Ada Syarat

Jenis Ujian

Ujian Tertulis

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Jadwal Ujian

Jadwal Ujian Tertulis

Selasa, 18 Juni 2013: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU).

Rabu, 19 Juni 2013: Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum).

Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Kamis dan/atau Jumat, tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013.

Penilaian Hasil Ujian

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

  • Jawaban BENAR: +4
  • Jawaban SALAH: -1
  • Tidak menjawab: 0

Kelompok Ujian

 

Kelompok ujian tertulis SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

 

  • Kelompok Ujian Saintek dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Saintek
  • Kelompok Ujian Soshum dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran dengan mata uji TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Sains, Soshum, atau Campuran.

Alamat Call Center SNMPTN SNMPTN 2013

No. PTN No. Tel. Email
1. UNIVERSITAS SYIAH KUALA 0811689875 cut_afitri@yahoo.co.id
2. UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 082362444788 dan 087813271200 muhammadab91@gmail.com
3. UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 061-8211266, 8218387 bisru.humas@yahoo.com
4. UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 061-6613276 ext.112 tappilrambe98@gmail.com
5. UNIVERSITAS RIAU 0761-63266 atau 08126823531 rioniimron@yahoo.com
6. UNIVERSITAS ANDALAS 081363024210 humas.unand@gmail.com
7. UNIVERSITAS NEGERI PADANG amril.amir23@yahoo.co.id
8. UNIVERSITAS JAMBI 0741-582625 jul.andayani@yahoo.com
9. UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI 0771-7001550 humas_snmptn_umrah@yahoo.com
10. UNIVERSITAS BENGKULU 0736-21170 ext. 132 & 199 suharyanto_wp@yahoo.com
11. UNIVERSITAS SRIWIJAYA zuldahlan@unsri.ac.id
12. UNIVERSITAS LAMPUNG 082183186483 m.komarudin@gmail.com
13. UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG 0717-422145 atau 421303(fax) kuncoro@ubb.ac.id
14. UNIVERSITAS INDONESIA 021-29972200 penerimaan@ui.ac.id / humas-ui@ui.ac.id
15. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 021-47882394,4898486 widya_parimita@yahoo.com
16. INSTITUT PERTANIAN BOGOR 0251-8425635 admin@ipb.ac.id
17. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA 08179998443 atiar23@ymail.com
18. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 022-2511205,2503147 ext.12111,12113 , 2508519 humas@pusat.itb.ac.id
19. UNIVERSITAS PADJADJARAN 022-25333737,84288866 bhermanto@unpad.ac.id / bhermanto@yahoo.com
20. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 022-2016444 suwatno.02@gmail.com;humas@upi.edu
21. UNIVERSITAS DIPONEGORO 0274-460041,465403 dan 465404 (fax) mahawiraputra@gmail.com
22. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 024-8508093 rumahbaca@yahoo.com
23. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN 0281-7633991-992 wisnu_widj@yahoo.com
24. UNIVERSITAS SEBELAS MARET 0271-634880 tunjung_ws59@yahoo.co.id
25. UNIVERSITAS GADJAH MADA 0274-6491808 atau 0274-551222 umugm@ugm.ac.id
26. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 0274-520325 humas@uny.ac.id / efendianwar@ymail.com
27. UNIVERSITAS AIRLANGGA 031-5048654 dan 031-5038352 hadi_unair@yahoo.com
28. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER 031-5994251-53 ext 1012 baak@its.ac.id
29. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 087854806254 suyatno_master@yahoo.com
30. UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 031-3011146, 081234565461 khorosid@yahoo.com
31. UNIVERSITAS BRAWIJAYA 0341-575754 ppid@ub.ac.id
32. UNIVERSITAS NEGERI MALANG 0341-565979 ext. 152 kariyoto@um.ac.id
33. UNIVERSITAS JEMBER 0331-330224 ext.317 & 338 rokhanisaid@yahoo.com
34. UNIVERSITAS UDAYANA 0361-704845 humas@unud.ac.id
35. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 0362-22570 agus_supradnyan@yahoo.co.id
36. UNIVERSITAS MATARAM 0370-633007 edeng137@yahoo.com
37. UNIVERSITAS NUSA CENDANA baakpsi.undana@yahoo.com
38. UNIVERSITAS TANJUNGPURA 0561-740189 , 085752443272, 082157980946. idafitria60@gmail.com
39. UNIVERSITAS PALANGKARAYA 0536-3220447 bettysurya@yahoo.co.id
40. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT 0511-3305195 frobby@unlam.ac.id
41. UNIVERSITAS MULAWARMAN 0541-749343 ihwan@unmul.ac.id
42. UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN 085248708866, 085247135085,08125557613 nurul_hidayat24@yahoo.co.id / nurul_hidayat@borneo.ac.id
43. UNIVERSITAS SAM RATULANGI 081340074360 kaligis.david@yahoo.co.id
44. UNIVERSITAS NEGERI MANADO 0431-321779 dennymaukar@mail.unima.ac.id
45. UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO 0435-821125 atau 821752(fax) oelvan_03@yahoo.co.id
46. UNIVERSITAS TADULAKO eltakbirav@yahoo.com / nawir@untad.ac.id
47. UNIVERSITAS HALUOLEO alimmarhadi@yahoo.co.id
48. UNIVERSITAS HASANUDDIN 0411-586006 miqsul@yahoo.com
49. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 0411-868879 jalal.mulbar@yahoo.com
50. UNIVERSITAS KHAIRUN 0921-3110901 kadridaud@yahoo.com.sg / kdunkhair@gmail.com
51. UNIVERSITAS PATTIMURA 0911-322627 atau 081343008409 jpagaya@yahoo.com
52. UNIVERSITAS CENDERAWASIH 081380548570 rumintasilalahi@yahoo.com
53. UNIVERSITAS NEGERI PAPUA 08124858232 skaramang3@gmail.com
54. UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE edoms.unmus@yahoo.co.id
55. UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU 0761-562223 donnyhendrasukmana@gmail.com
56. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA ifenkarifians@yahoo.co.id
57. UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 081214077259 erihadiana@gmail.com
58. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 0274-512474,589621,558254 rtm_maharani@yahoo.com
59. IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA 031-8410298 humas@sunan-ampel.ac.id / iainsurabaya@kemenag.go.id
60. UIN MALIK IBRAHIM MALANG 0341-570887 yahya_uinmaliki@yahoo.com / yahya@psi.uin-malang.ac.id
61. UIN SULTAN ALAUDDIN MAKASSAR 0411-82214000 antohumasuin99@yahoo.co.id