Fakultas Teknik Unila Tambah Tiga Prodi Baru‏

Prof. Dr. Suharno, Dekan Fakultas Teknik Unila

Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung (FK Unila) Prof. Drs. Suharno, M.Sc., Ph.D., memastikan dibukanya tiga program studi (Prodi) baru di fakultasnya. Rencananya ketiga prodi anyar ini mulai menerima mahasiswa baru pada Ujian Masuk Lokal (UML) mendatang.

Ketiga prodi tersebut meliputi S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Teknik Informatika, dan S-1 Teknik Geodesi. Mandat dibukanya tiga program ini sesuai Surat Keputusan (SK) Ditjen Dikti Nomor 441/E.E2/DT/2014 Tanggal 18 Juni Tentang Penugasan Penambahan Program Studi Baru di Lingkungan Universitas Lampung.

Dalam SK tersebut, Ditjen Dikti memperkenankan Unila menambah delapan prodi baru pada program pascasarjana, dan tiga prodi baru pada program strata satu di lingkungan fakultas teknik Unila. “Alhamdulilah usulan kami membuka jurusan baru di fakultas teknik disetujui pemerintah pusat,” ujar Suharno, Jumat (27/6).

Guru Besar Ilmu Geologi ini mengutarakan, perekrutan calon mahasiswa pada ketiga prodi baru ini akan menggunakan jalur Ujian Masuk Lokal (UML). Hal itu terkait pemberian izin oleh Dikti baru ke luar setelah pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Masing-masing jurusan akan menerima sebanyak 30 mahasiswa. Sehingga untuk tahun ajaran baru nanti fakultas teknik Unila ada penambahan kuota mahasiswa sebanyak 90 kursi. Sedangkan untuk S-2 Teknik Mesin yang izinnya juga baru ke luar, pelaksanaan penerimaan mahasiswa mengikuti program pascasarjana Unila,” kata dia.

Profesor berkacamata ini mengungkapkan, penambahan prodi baru sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk menambah jumlah lulusan sarjana teknik di Indonesia. Hal itu mengingat perkembangan di bidang industri makin pesat. Sedangkan jumlah tenaga kerja yang mendukung bidang ini belum memadai.

“Unila sendiri melalui fakultas teknik baru bisa menghasilkan sarjana sekitar 300 orang per tahun. Jumlah ini tentu masih jauh dari cukup untuk mengimbangi perkembangan bidang industri yang makin pesat. Inilah yang melatarbelakangi penambahan tiga prodi baru tersebut. Prospek kerja sarjana teknik ke depan sangat baik,” ujarnya.[] Inay