(Unila): Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Yulianto, M.S. membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kemahasiswaan Unila yang berlangsung di ruang sidang utama lantai dua, Rektorat, Kamis, 1 Desember 2022.

Rakor yang mengusung tema “Strategi Peningkatan Capaian IKU 1 dan IKU 2 Universitas Lampung” ini diikuti para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni tiap fakultas di lingkungan Unila.

Kinerja bidang kemahasiswaan di perguruan tinggi setiap tahunnya diukur melalui Indikator Kinerja Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, khususnya IKU 1 dan IKU2.

“Dalam rangka melakukan peningkatan pencapaian IKU 1 dan IKU 2 yang akan datang, maka diperlukan berbagai upaya dari fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Unila,” tutur Prof. Yulianto saat memberi sambutan.

Ia melanjutkan, peluang terbesar untuk meningkatkan capaian IKU dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan, antara lain kewirausahaan dan persiapan bimtek bagi calon alumni, bantuan modal usaha, memiliki/membentuk tim kerja percepatan prestasi mahasiswa, serta mengadakan berbagai lomba daring tingkat nasional dan internasional oleh setiap ormawa.

Beragam kegiatan itu diselenggarakan di fakultas maupun di jurusan atau program studi masing-masing.

Hasil dari usaha dan upaya yang telah diraih mahasiswa baik di tingkat universitas maupun fakultas, selanjutnya akan dilaporkan ke admin IKU melalui Ditjen Belmawa.

Agenda Rakor Bidang Kemahasiswaan Unila dilakukan untuk mendapatkan gambaran berbagai kegiatan yang akan dilakukan bagian kemahasiswaan setiap fakultas di lingkungan Unila untuk tahun kegiatan 2023 sekaligus tujuan pembinaan prestasi dan pengisian IKU I dan IKU 2 di tahun berikutnya.

Dua narasumber hadir secara daring membagikan pengalaman dan informasi pembinaan prestasi kegiatan mahasiswa, baik bidang akademik maupun non-akademik. Keduanya yaitu Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si., dari Universitas Brawijaya, Malang, dan Franova Herdiyanto, S. Kom., MTI., dari Pustadin Ristekdikti Kemendikbud RI. [Humas/Angel]