(Unila): Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Prof. Bujang Rahman imami salat isya di Masjid Al Wasi’i, Rabu (8/5/2019) malam. Usai pimpin salat, mantan Dekan FKIP Unila ini menyampaikan tausiah jelang tarawih keempat Ramadan 1440 Hijriah.

Pada tausiahnya Prof. Bujang mengungkapkan, dalam sebuah hadis qudsi Allah Swt berfirman setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Sebab ia hanyalah untuk Ku dan Aku lah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung.

Jika amal-amal lain sudah ditentukan, maka khusus puasa Allah sendiri yang akan memberikan ganjarannya. Bisa jadi dua orang yang sama-sama puasa, berbeda pahalanya. Dan itu hak Allah Swt.

Yang pasti ibadah puasa diistimewakan oleh Allah Swt. Terdapat dua syarat orang berpuasa agar bahagia dunia akhirat. Pertama bersyukur, yang kedua sabar.

Firman Allah Swt dalam QS. Ibrahim ayat 7, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka pasti Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Allah Swt juga berfirman dalam QS. Az Zumar ayat 10, sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar sajalah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas.

Bersabar itu jauh lebih sulit dari pada bersyukur. Sebagaimana ganjaran orang yang bersabar jauh lebih besar dibandingkan mereka yang bersyukur.[Penda/Inay_Humas]