Wakil Dekan FKIP Unila Nilai Penugasan Dosen Mengajar di Sekolah Mampu Kembangkan Kreativitas dan Inovasi Guru

(Unila): Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididikan Universitas Lampung, Abdurrahman mengatakan program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) untuk mengajar di sekolah yang digagas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi guru.

Menurut dia, program PDS dengan melibatkan 10 dosen di tempatnya untuk mengajar diempat sekolah di Bandar Lampung dan Metro, juga dapat membina para guru agar mengembangkan kerangka pembelajaran yang bermutu dan berdaya saing.

“Tugas melahirkan siswa berkualitas di sekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab guru dan dinas pendidikan setempat, melainkan juga menjadi tugas semua pihak termasuk perguruan tinggi yang membidanginya,” ujar dia kepada Lampost.co, Selasa (7/8/2018).

Ia mengatakan, dalam proses mengajar di kelas, dosen dan guru dapat berkolaborasi dalam memberikan ilmu pendidikan kepada siswa. Hasil dari kolaborasi tersebut mampu memberikan dampak positif bagi guru untuk mengembangkan kerangka pembelajaran.

“Tugas guru tidak hanya menghasilkan lulusan saja, namun bagaimana mampu melahirkan generasi yang berprestasi hingga ke tingkat internasional. Inilah pentingnya program PDS yakni untuk mengkolaborasikan ilmu yang dimiliki dosen terhadap guru,” kata dia.

Untuk diketahui FKIP Unila tahun ini memperoleh hibah dari Kemenristek Dikti untuk melakukan program PDS selama dua bulan sejak Agustus ini. Sebanyak empat sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan tersebut, yakni TK/PAUD Al Kautsar Bandar Lampung, SDN 5 Metro Barat kota Metro, SMPN 2 Bandar Lampung dan SMA YP Unila Bandar Lampung.[Unila di Media]

sumber berita: http://www.lampost.co/berita-wakil-dekan-fkip-unila-nilai-penugasan-dosen-mengajar-di-sekolah-mampu-kembangkan-kreativitas-dan-inovasi-guru.html