(Unila): Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Lampung (Unila) sosialisasikan bahan ajar “Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris (conversation) level 1 dan 2” di lingkungan kampus setempat. Acara berlangsung Kamis (11/4/2019), di ruang sidang lantai 4 Rektorat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani nampak hadir membuka acara. Kegiatan turut pula dihadiri para dekan, wakil dekan, dan ketua LP3M Unila.

Karomani mengatakan, keberadaan bahan ajar sangat penting untuk memotivasi peserta belajar bahasa Inggris. Selain itu peserta didik harus menciptakan iklim berbahasa Inggris dalam praktiknya.

“Kita siapkan UKM yang memacu peserta belajar bahasa Inggris bersama. Kita juga harus menciptakan iklim berbahasa Inggris untuk berpraktik,” terang Karomani.

Sosialisasi bahan ajar hari ini merupakan salah satu upaya UPT Bahasa memudahkan sivitas akademika Unila belajar dan ramah menggunakan bahasa Inggris.

Kepala UPT Bahasa Dr. M. Sukirlan, M.A., menjelaskan, UPT Bahasa melalui sosialisasi ini berinovasi menyiapkan bahan ajar yang memudahkan peserta didik sehingga cepat memahami materi pembelajaran sekaligus melaksanakan tes.

UPT Bahasa terus berupaya membuat buku bahan ajar sedemikian rupa dengan pengarah dan penulis buku yang sangat kapabel di bidang tersebut. Meskipun dalam prosesnya banyak juga tantangan yang dihadapi mulai dari beberapa tahapan diskusi hingga terciptanya buku.

“Saya yakin buku ini sangat kompatibel. UPT Bahasa membutuhkan komitmen kita semua untuk membantu mengembangkan ini,” pungkas Sukirlan.

Sukirlan juga menambahkan, UPT Bahasa juga telah menyiapkan modul TOEFL dan IELTS untuk memudahkan dosen maupun pegawai yang ingin belajar bahasa Inggris. [Riky/Inay_Humas]