Unila Tuan Rumah FPM BKS PTN Barat 2017

UNIVERSITAS Lampung (Unila) didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan rapat koordinasi (rakor) Forum Penjaminan Mutu (FPM) Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) wilayah Barat, di hotel Bukit Randu Bandarlampung, Sabtu (26/8/2017).

Pelaksanaan rakor FPM 2017 dihelat Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) selaku panitia penyelenggara.

Prof. Murhadi, Ketua FPM BKS PTN wilayah Barat merinci, jumlah PTN wilayah Barat sebanyak 28 namun rakor kali ini hanya diikuti 14 PTN. Rakor untuk membahas perkembangan juga kendala dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) masing-masing PTN.

Tak hanya bersilaturahmi, kegiatan rutin ini menjadi agenda sharing pengalaman seputar unit penjaminan mutu, kemudian mendiskusikan program kerja tahun 2018 dan hasilnya akan diakumulasikan untuk selanjutnya diunggah di laman grup LP3M.

“Kita juga memilih ketua forum LP3M BKS PTN wilayah Barat untuk periode selanjutnya,” ujar Murhadi.
Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Bujang Rahman menambahkan, PTN BKS wilayah Barat memiliki posisi strategis di Indonesia jika dilihat dari capaian peningkatan mutu yang cukup signifikan.

Dalam menentukan keberhasilan PTN, lanjutnya, dibutuhkan persamaan persepsi, kerja sama antarperguruan tinggi di BKS PTN Barat, serta komitmen untuk merumuskan strategi peningkatan akreditasi PTN.

Menurutnya, PTN di BKS Barat cukup menonjol jika dilihat dari indikatornya. Misalnya saja di Sumatera terdapat sembilan perguruan tinggi terakreditasi A dari 52 se-Indonesia.

“FPM ini adalah kekuatan besar. Melalui rakor ini diharapkan PTN terakreditasi A mampu membina PTN yang belum terakreditasi A sehingga ke depan dapat maju bersama-sama,” pungkasnya.[Inay_Humas]