Unila-TNI AL Perkuat Kerja Sama Melalui MoU

(Unila): Universitas Lampung (Unila) dan TNI Angkatan Laut perkuat kerja sama bidang kemaritiman. Kerja sama itu diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai payung hukum.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, di Aula Fakultas Pertanian Unila, Senin (11/1).

MoU dihadiri jajaran dosen fakultas pertanian, para wakil rektor I-IV, ketua lembaga, kepala UPT di lingkungan kampus hijau, juga alumni FKIP Unila tahun 1987 Dra. Endah yang tak lain istri KSAL Ade Supandi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Teknologi Informasi, dan Komunikasi Lusmelia Afriani mengatakan, fokus kerja sama pada antara kedua belah pihak tidak lain untuk mendukung Unila dalam rangka mendongkrak Lampung sebagai salah satu poros maritim.

“Unila berencana membentuk fakultas kemaritiman dan perikanan dalam waktu dekat. Fakultas ini sebagai pemekaran fakultas pertanian. Saat ini prosesnya sudah dimulai. Dari hasil Memorandum of Understanding ini, KSAL sangat merespons baik rencana kita. Selain mendukung program pusat, hal ini bisa memerkuat bidang kemaritiman Provinsi Lampung,” paparnya.

Untuk mendukung Unila pihaknya siap menjadikan seuruh wilayah Brigadir Infateri (Brigif)-3 Marinir Piabung serta pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Panjang sebagai laboratorium dan lahan penelitian bagi dosen dan mahasiswa Universitas Lampung.[inay]