(Unila): Universitas Lampung (Unila) menerima kunjungan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku Utara, Jumat (16/8/2019) pagi, di ruang sidang lantai 4 Rektorat kampus setempat.

Rombongan SMN Maluku Utara yang terdiri dari puluhan siswa SMA/SMK dan SLB serta pendamping ini tergabung dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019.

Para siswa dikoordinatori oleh Sekretaris Perusahaan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Toha Muzaqi dan Kepala Bagian PKBL Fitriani.

Kedatangan mereka disambut Wakil Rektor Bidang PK-TIK Unila Prof. Mahatma Kufepaksi, Kabag Informasi dan Humas Suratno, S.Pd., M.H., Kasubbag Humas M. Badrul Huda, S.I.Kom., serta Kasubbag Registrasi dan Statistik Ainul Hudzni, S.I.Kom., M.I.P.

Dalam sambutannya Prof. Mahatma Kufepaksi menjelaskan garis besar terkait profil Universitas Lampung. Mulai dari tahun pendirian, luas lahan, perkembangan di beberapa periode, akreditarsi, prestasi, hingga transformasi Unila dari teaching university menuju research university.

“Unila saat ini sudah mengedepankan posisi riset sama dengan pengajaran. Hasil-hasil riset akan digunakan sebagai bahan pengajaran sesuai implementasi tri darma Perguruan Tinggi,“ ujarnya.

Pada kesempatan itu Toha Muzaqi mengucapkan terima kasih atas sambutan dan mengapresiasi berbagai prestasi yang sudah diraih Universitas Lampung.

Terkait program, Toha menjelaskan, Siswa Mengenal Nusantara merupakan agenda yang digagas Kementerian BUMN sejak 2015 lalu. Diharapkan melalui program SMN di 32 provinsi se-Indonesia, kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat semakin besar dirasakan keberadaannya.

Dan bagi para siswa asal Maluku Utara, program ini mengajak mereka mengenal kebudayaan, pendidikan, dan potensi pariwisata Lampung. Pengalaman itu diharapkan menjadi motivasi untuk memajukan bangsa.

“Kita akan roadshow hingga 10 hari ke depan di sejumla daerah di Lampung. Semoga dari hasil kunjungan ke sejumlah tempat di Lampung nanti dapat menambah wawasan dan bekal ilmu di masa mendatang,” imbuh Toha.[Inay_Humas]