(Unila): Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Lampung (Unila) yang dipimpin Dr. Ing. Ardian Ulva menyosialisasikan penerapan awal Sistem Informasi Akademik (Siakad) versi 6.0.

Sosialisasi yang berlangsung di ruang sidang senat Universitas Lampung ini diadakan di hadapan rektor, para wakil rektor, dan para pengampu kebijakan di kampus setempat, Senin (2/12/2019).

Bercermin dari kekurangan pada sistem sebelumnya, Ardian menjelaskan, siakad versi 6.0 yang tengah dikembangkan ini hampir 80 persen siap dan akan diuji coba pada satu semester ke depan.

Dikatakannya, banyak keunggulan sistem ini dalam hal manajemen pelayanan di universitas. Selain memberi kemudahan pada saat penarikan data penilaian akreditasi, siakad versi 6.0 dapat memberikan akses monitoring pelaksanaan perkuliahan kepada pimpinan.

Kemudahan lainnya, siakad versi 6.0 menjadikan data yang sebelumnya belum terintregasi ke depan menjadi mudah diakses dan menghasilkan laporan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Tak hanya itu, siakad versi 6.0 dapat meningkatkan pelayanan dosen dan pegawai dalam manajemen perkuliahan hingga pelaksanaan manajemen wisuda dan yudisium.

Ardian juga mengungkapkan, siakad kadang mengalami ketidaksinkronan data alumni dan mahasiswa aktif sebagaimana masalah siakad yang pernah terjadi di tahun 2000 sampai 2018.

Untuk menanggulangi hal itu, siakad versi 6.0 didesain dapat memaksimalkan peran fakultas dan program studi dalam memberikan tanda saat mengelola manajemen siakad.

Melalui ini juga, Ardian menambahkan peran siakad versi 6.0 dapat menyinkronkan penomoran ijazah nasional di Kementerian Ristekdikti dan juga tersedia dalam fitur siakad mobile Apps.

“UPT TIK tengah melakukan proses migrasi data dari siakad lama menuju siakad versi 6.0. Pada semester ganjil 2020 sistem ini akan secara resmi digunakan,” terang Ardian.[Riky_Humas]