Unila Sosialisasikan Tata Cara PDLN

(Unila): Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir Hasriadi Mat Akin, M.P., memberikan arahan sekaligus membuka Sosialisasi Kerja sama Luar Negeri dan Tata Cara Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) dan Tata Cara Pengurusan Izin Keberangkatan ke Luar Negeri di ruang sidang utama Rektorat Unila, Kamis (8/11/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kerja Sama dan Layanan Internasional (UPT PKLI) ini dihadiri wakil rektor, para subbag kepegawaian, para dekan, wakil dekan, direktur pascasarjana, kepala biro, kepala lembaga, sekretaris lembaga, para kabag, dan para ketua jurusan di lingkungan kampus setempat.

Rektor mengatakan, kerja sama luar negeri memungkinkan adanya kesetaraan antarperguruan yang satu dan lainnya. “Dari beberapa perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama, Unila mendapatkan pengakuan bahwa kita sejajar dengan mereka,” ujarnya.

Dirinya mengajak seluruh peserta untuk membuat SOP perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri agar jelas mekanisme dan hasilnya.

Suratno, M.H., yang saat itu mewakili Kepala UPT PKLI menyampaikan, revolusi industri 4.0 saat ini terus berkembang dalam teknologi, hal ini juga berlaku pada tata cara perjalanan dinas di kemenristekdikti yang telah berubah, jika sebelumnya menggunakan manual saat ini menggunakan online.

“Telah terjadi perubahan untuk pengurusan izin. Jika sebelumnya masih manual menggunakan paper atau dokumen-dokumen, maka saat ini sudah menggunakan online untuk mengurus izinnya. Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan jumlah dan hasil kerja sama di Universitas Lampung,” paparnya.

Selain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dari pimpinan unit kerja di lingkungan Unila, sosialisasi ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahanan sivitas akademika terkait tata cara pengurusan izin keberangkatan dan kerja sama luar negeri.

Adapun pemaparan materi pada acara ini disampaikan oleh dua narasumber. Materi pertama oleh Mayriyanti Annisa Anwar dari Biro Kerja sama dan Komunikasi Publik, Kemenristekdikti, yang memaparkan tentang Sosialisasi Tata Cara Kerja sama Luar Negeri di Lingkungan Kemenristekdikti.

Sedangkan Anis Apriliawati, S.S., M.Sc., dari Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti  (SDID) menyampaikan materi Tata Cara Pengurusan Izin Keberangkatan ke Luar Negeri bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Lingkungan Kemenristekdikti.[Penda/Inay_Humas]