Unila Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

(Unila): Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin menghadiri Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh KI Pusat, Senin (5/11/2018) di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Kehadirannya bersama 23 pimpinan lembaga publik lainnya dalam rangka menerima piagam penghargaan anugerah keterbukaan informasi publik yang diserahkan langsung oleh Wapres Muhammad Jusuf Kalla. Unila berada pada urutan kedelapan pada Kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri Cukup Informatif.

Hasriadi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/11/2018) mengaku bangga dan turut berbahagia atas capaian Unila melaksanakan keterbukaan informasi publik. “Ini adalah pertama kalinya Unila mengikuti pemeringkatan keterbukaan informasi publik. Alhamdulillah menerima penghargaan ini. Artinya kita cukup informatif dalam melaksanakan amanah keterbukaan informasi publik,” ucapnya.

Rektor berharap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Unila sebagai motor penggerak pelaksanaan keterbukaan informasi publik semakin meningkatkan kinerjanya dengan mengunggah berbagai informasi yang memang harus diketahui publik. “PPID harus bekerja sama dengan bidang IT dan lembaga lainnya agar semakin banyak informasi yang diberikan kepada masyarakat dengan memperhatikan mana yang boleh dan dikecualikan untuk diinformasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Berdasarkan data pemeringkatan Komisi Informasi Pusat, hanya 1 PTN yang masuk kualifikasi Informatif, 7 kualifikasi Menuju Informatif, 18 Cukup Informatif, 15 Kurang Informatif, dan 93 Tidak Informatif. BUMN 2 Informatif, 2 Menuju Informatif, 3 Cukup Informatif, 9 Kurang Informatif, dan 95 Tidak Informatif.[Caca/Humas]

Berikut Kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri Cukup Informatif :

  1. Universitas Padjadjaran
  2. Universitas Lambung Mangkurat
  3. Universitas Khairun
  4. Universitas Sriwijaya
  5. Politeknik Negeri Padang
  6. Politeknik Negeri Semarang
  7. Universitas Bengkulu
  8. Universitas Lampung
  9. Universitas Udayana
  10. Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  11. Universitas Sebelas Maret
  12. Universitas Negeri Yogyakarta
  13. Institut Seni Indonesia Denpassar
  14. Politeknik Negeri Batam
  15. Universitas Andalas
  16. Universitas Jenderal Soedirman
  17. Universitas Airlangga
  18. Universitas Negeri Gorontalo