(Unila): Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Universitas Lampung (Unila) menghadirkan website edukasi sebagai media sosialisasi informasi terverifikasi yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Website ini dapat diakses di https://covid19.unila.ac.id/.

Website ini dikembangkan bekerjasama dengan UPT TIK Unila dan diluncurkan Jumat (29/5/2020) di Ruang Sidang Rektorat, berbarengan penyerahan bantuan alat perlindungan diri dari Kemdikbud kepada Unila dan tujuh RS rujukan se-Provinsi Lampung.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Unila Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes., menjelaskan, Unila bertujuan menjadi media informasi dan edukasi Covid-19 di Indonesia, khususnya Provinsi Lampung. Hadirnya website satgas Covid-19 Unila dimaksudkan untuk mengurangi keresahan masyarakat akibat pandemi ini.

Berbagai kegiatan penanganan Covid-19 baik di bidang kesehatan, sosial, ekonomi dari berbagai fakultas telah dilaksanakan dan bersentuhan langsung dengan target yang terdampak. Satgas Covid-19 Unila telah dibentuk dalam upaya mewujudkan implementasi peran Universitas Lampung menanggulangi Covid-19 dan dampaknya.

Kemdikbud bekerjasama dengan fakultas kedokteran di Indonesia telah membangun relawan Covid-19 nasional yang juga turut menguatkan peran Satgas Covid-19 Unila dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Selain menginformasikan berbagai kegiatan Satgas Covid-19 Unila, website menjadi media pelaporan kegiatan relawan Covid-19 Kemdikbud dalam hal edukasi dan sosialisasi penerapan protokol penanganan di seluruh lapisan masyarakat.

Kehadiran website diharapkan menjadi awalan yang merefleksikan penguatan peran perguruan tinggi dalam tanggung jawabnya membina masyarakat sekaligus menjadi sumber informasi dan edukasi.

Satgas Covid-19 Unila melalui website ini juga diharapkan dapat menjadi fasilitator dan katalisator pembangunan berkelanjutan di era pandemi. Selanjutnya berbagai informasi dan edukasi di laman website akan mampu menjadi sumber peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku masyarakat di era new normal Juni mendatang. []