Unila Kukuhan Tiga Profesor

Universitas Lampung (Unila) kembali mengukuhkan tiga profesor. Mereka adalah Profesor Ilmu Bioteknologi Pertanian Prof. Yusnita; Profesor Ilmu Pengelolaan Limbah Agroindustri; dan Profesor Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Prof. Agus Suyatna.

Dalam orasi ilmiahnya, Yusnita menyampaikan tentang Kultur Jaringan Tanaman sebagai Teknik Penting Bioteknologi untuk Menunjang Pembangunan Pertanian. Dirinya menyimpulkan bahwa teknik kultur jaringan tanaman merupakan salah satu teknik penting bioteknologi yang dapat digunakan untuk menunjang pembangunan pertanian, terutama melalui produksi bibit tanaman berkualitas dan perbaikan sifat tanaman.

Sedangkan Udin Hasanuddin, menurutnya pemanfaatan air limbah agroindustri erbarukan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjawab dua permasalahan energi, yakni ikut serta menjamin ketersediaan energi nasional yang handal dan layak, dan dapat mempercepat transformasi sistem penyediaan energi yang rendah karbon, efisien, dan ramah lingkungan.

Dalam paparannya, Agus Suyatna menilai, melalui pembelajaran IPA dapat dibangun kemampuan berfikir, bersikap, dan bertindak ilmiah. “Dalam membelajarkan IPA, perlu pendekatan, model pembelajaran, dan metode yang sesuai dengan hakikat IPA. Diantaranya pendekatan saintifik, model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran siklus belajar,” paparnya.

Rektor Unila Prof. Sugeng P. Harianto yang ditemui usai kegiatan menyebutkan, dengan dikukuhkannya tiga orang profesor kali ini, Unila telah memiliki 57 profesor aktif yang berkewajiban untuk terus mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Harapan saya setiap bulan ada dua profesor. Ini juga sebagai indikator Unila menuju visi top ten university. Harapan saya juga, para profesor bisa mengaplikasikan ilmunya serta bisa bermanfaat bagi masyarakat Lampung,” pungkasnya.[Naufal A.Caya]