Unila Kejar Target Tambah Profesor

BERDASARKAN acuan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi), setiap PT sebaiknya memiliki 40 persen dosen bergelar doktor yang keahliannya sesuai program studi (prodi). Begitu juga  profesor.

Sehingga idealnya jumlah doktor adalah 50 persen dari total dosen se-PT, sedangkan profesor minimal PT harus punya 30 persen dari total dosen.

Hal tersebut dibenarkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. ’’Kami akan melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kekurangan profesor. Apalagi kita akan menuju top ten university,’’ kata Hasriadi.

Hasriadi memaparkan, saat ini Unila memiliki 59 profesor dari jumlah dosen di Unila yang totalnya mencapai sekitar 1.114 orang baik lulusan magister maupun doktoral.

’’Minimal dosen kita 10 persen bergelar profesor. Kalau saat ini baru 59 profesor, artinya kurang sekitar 53 orang profesor lagi,” ujarnya.

Menrutnya, menjadi profesor tidak sulit, asal sesuai standar penilaian dan mematuhi  petunjuk dalam proses penelitian.

Dia juga menyatakan, dibawah kepemimpinannya sistem pendidikan Unila menjadi research university. Agar para dosen lebih diarahkan untuk memperkuat publikasi ilmiahnya. [Naufal A. Caya]