Unila Jaring Aspirasi Percepatan Birokrasi Reformasi

0
54

(Unila): Universitas Lampung mengundang tim Birokrasi Reformasi Kemenristekdikti untuk memberikan ide dan gagasan mengenai percepatan birokrasi reformasi menuju Good University Government.

 Jaring aspirasi yang berlangsung di ruang sidang utama lantai II, Rektorat Unila, Jumat (11/1/2019), ini dihadiri para kepala biro, dekan, kepala bagian, kasubbag, tim kerja birokrasi reformasi, dan tamu undangan. Panitia juga mengundang Ketua Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti Ir. Wisnu S. Soeharso, M. Eng., dan Sekretaris Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti M. Ali Akbar sebagai narasumber.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Sosialisasai dan diskusi reformasi  birokrasi yang diadakan hari ini adalah progres dari deklarasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dicanangkan Universitas Lampung.

Dekralasi Zona Integritas (ZI) itu diperkuat dengan penandatanganan nota pencanangan yang disaksikan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan perwakilan ombudsman Lampung. Pembangunan zona integritas merupakan langkah konkret akselerasi pencapaian program kerja reformasi birokrasi pada unit kerja.

Sosialisasi dan diskusi ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. Ir Muhammad Kamal, M.Sc., didampingi Kepala Biro Umum dan Keuangan Sariman, S.H.

Kamal pada sambutannya menyampaikan, birokrasi bukanlah tujuan tetapi alat untuk mencapai sesuatu yang sudah ditetapkan yaitu Good University Government. Tanpa birokrasi dan reformasi bersih dan melayani sangat sulit mencapai tata kelola perguruan tinggi yang baik dan bersih.

“Reformasi birokrasi sudah tidak bisa ditawar-tawar. Dengan kita melaksanakan reformasi birokrasi mudah-mudahan WBK dan WBBM akan segera terwujud,” ujarnya.[Penda/Inay_Humas]