(Unila): Universitas Lampung (Unila) melalui Kantor Badan Pengembangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals Center/SDG’s) bekerja sama dengan Cambridge University, United Kingdom (UK), gelar pelatihan nutrisi bagi kader posyandu.

Kerja sama itu diinisiasi setelah SDG’s Unila menerima peneliti tamu/research fellow dr. Laurentya Olga, M.Phil., yang diusulkan Cambridge University beberapa waktu lalu.

Usulan tersebut ditandatangani dan dikirim langsung Profesor David H. Rowitch dari Universitas Cambridge, UK. Dalam satu tahun ke depan research fellow akan melaksanakan kerja sama penelitian bidang kesehatan.

Dr. Unang Mulkhan, M.B.A., selaku Ketua SDGs Center Unila mengatakan, kehadiran peneliti tamu adalah untuk memperkuat kualitas penelitian Universitas Lampung. Khususnya yang berkaitan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan terutama kesehatan dan kesejahteraan.

Selain pembangunan berkelanjutan, kolaborasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sekaligus pengetahuan para ibu tentang nutrisi memadai selama kehamilan serta nutrisi yang harus diberikan pada bayi.

“Pelatihan untuk membekali para kader dan relawan posyandu tentang nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan balita. Hal itu untuk mencegah pertumbuhan balita tidak normal akibat gizi buruk dan faktor lainnya,” jelas Unang.

Penelitian dan pelatihan research fellow Universitas Cambridge akan dilakukan selama satu tahun. Kolaborasi dengan melatih relawan maupun kader kesehatan Puskesmas Waylaga, Kecamatan Sukabumi, Bandarlampung, mulai 11–12 Februari 2020.

Tiga peneliti dari Universitas Lampung yaitu Dr. Samsu Udayana Nurdin, Dr. Yaktiworo Indriani, dan Prof. Sindung Haryanto akan terlibat pada kegiatan tersebut.

Sambutan penuh antusias diberikan Kepala Puskesmas Waylaga dr. Yulia Enpasari selaku dan Petugas Gizi Puskesmas Waylaga Roma Winda Gultom AMG. [Humas/Rilis]