Unila Asuh Tiga PTS di Lampung

UNIVERSITAS Lampung (Unila) sebagai salah satu dari 50 perguruan tinggi unggul, melaksanakan hibah program perguruan tinggi (PT) asuh 2017 kepada tiga PTS di Lampung yakni Universitas Malahayati, Universitas Muhammadiyah Metro, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

Sosialisasi dan perjanjian kerja sama pelaksanaan program PT asuh ini diselenggarakan di ruang sidang utama rektorat,
kampus setempat, Kamis (13/7/2017).

Ketua LP3M Unila Murhadi menyebutkan, di Universitas Malahayati ada lima program studi baru yang masih terakreditasi C, sementara di Universitas Muhammadiyah Metro dan Muhammadiyah Lampung ada 10.

Dari jumlah itu, kata dia, ada beberapa prodi yang saat ini sedang dalam tahap proses akreditasi. Program pembinaan ketiga PTS ini akan berlangsung selama empat bulan dengan pendampingan ketat pada masing-masing PTS.

Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin mengatakan, Unila sudah saatnya berperan untuk meningkatkan pendidikan, tidak saja di Unila tapi juga di Lampung. Bentuk dukungan itu sudah sejak awal diwujudkan Hasriadi dengan menginisiasi pembentukan forum perguruan tinggi negeri dan swasta dalam rangka meningkatkan kualitas institusi.

Menurut dia, ketatnya persaingan di Unila juga bisa menjadi gambaran berapa banyak masyarakat yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Oleh karena itu calon mahasiswa mestinya punya banyak pilihan. Dan pilihan universitas unggul nantinya diharapkan tidak hanya di Jawa namun di Lampung, PTN maupun PTS kualitasnya sama.

“Jadi peran Unila ini bagaimana meningkatkan iklim akademik di Lampung sesuai program kemenristek dikti,” paparnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Agus Pahrudin menambahkan, Unila merupakan salah satu kebanggan masyarakat Lampung karena telah terakreditasi A. Rasa syukur Unila ini ternyata tidak lantas membuatnya seperti menara gading, ingin maju sendiri.

“Kami Muhammadiyah Lampung mengucapkan terima kasih untuk membina kami dalam konteks peningkatan penjaminan mutu akreditasi.”[Dwi/Inay_Humas]