UKM Pramuka Kejar Akreditasi A Lewat Lomba Tingkat Provinsi

(Unila): Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Lampung (Unila) Racana Raden Intan Putri Silamaya Gugus Depan Bandarlampung 11.033-11.034 menyelenggarakan lomba pramuka tingkat provinsi demi mewujudkan impian memperoleh akreditasi A.

Dalam Lokabina Wahana Adhiguna 2015 bertema Membentuk Karakter Muda Melalui Kompetisi Game yang Sportif Dalam Mewujudkan Gugus Depan Terakreditasi A ini diikuti 5 ribu peserta dari 15 kabupaten/kota yang terdiri dari tingkat penggalang, penegak, penaga, dan siaga yakni dari jenjang SD hingga perguruan tinggi.

Sekretaris Panitia Lokabina Wahana Adhiguna 2015 Desti Yuniatun mengatakan, serangkaian lomba ini selalu diadakan setiap tahun. Namun pelaksanaan tahun ini bertepatan dengan pelantikan kelompok pramuka pandega garuda yakni tingkatan tertinggi berdasarkan penggolongan reward prestasi tingkat nasional yang diberikan oleh kwartir nasional.

“Untuk memperoleh akreditasi A tidak cukup dengan melakukan pelantikan, namun penilaian sebagai syarat memperoleh akreditasi A dilakukan dengan menggelar lomba pramuka. Kita ingin mensinergikan prestasi yang ada sekarang yakni gugus depan pandega garuda dengan akreditasi A, biar klop,” jelasnya, Sabtu (4/4) lalu.

Selain sering mengadakan lomba kepramukan di tingkat lokal hingga regional, UKM Pramuka Unila harus bisa menunjukkan persyaratan administrasi keprofesionalan sehingga bisa membentuk karakter pramuka binaan di berbagai jenjang mulai SD hingga perguruan tinggi.

Diakui mahasiswi FKIP angkatan 2013 ini, dengan status akreditasi B, UKM Pramuka Unila terus beraksi dalam rangka membuat program kerja yang dapat mendukung percepatan akreditasi A. “Semua itu harus sesuai standar pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dalam Syarat Pramuka Garuda,” ucapnya.[]