Tari Kreasi Tradisional Meriahkan Dies Natalis Unila ke 52

(Unila): Lomba tari kreasi tradisional meriahkan penyelenggaraan Dies Natalis Universitas Lampung ke-52. Lomba yang diikuti para siswa SMA di Bandarlampung ini berlangsung di lapangan belakang Gedung Rektorat Unila, Kamis (21/09/2017).

Ketua pelaksana kegiatan Prof. Dr. Cipta Ginting, M.Sc., mengatakan, lomba tari tradisional yang ditampilkan para peserta khusus mengkreasikan tarian khas Lampung. Selain mempertahankan budaya dari Lampung sendiri, lomba ini digelar untuk merangsang kreasi-kreasi tarian khas daerah Lampung.

Dalam kesempatan ini panitia menghadirkan beberapa juri yaitu dua mahasiswa dari program studi seni tari dan dosen dari prodi yang sama yakni Dr. I Wayan Mustika, S.Sn., M.Hum. Adapun kategori penilaian dibagi menjadi tiga mulai dari teknik, sikap, kelenturan, dan keluwesan dalam gerak tari.

Kategori kedua, ketepatan iringan dan gerak menyatu dalam konsep garapan. Sedangkan penilaian ketiga, ekspresi yang menjiwai sesuai tema tari. “Dari ketiga penilaian tersebut akan diperoleh nilai maksimal 100,” ujar Cipta.

Dari hasil penilaian para juri, peserta dari SMA Perintis II ke luar sebagai Juara I, disusul peserta dari SMA Taman Siswa yang ke luar sebagai Juara II, kemudian Juara III diraih peserta dari SMA Al Kautsar, sedangkan Juara Favorit didapuk peserta dari SMA Negeri 5.

Cipta berharap, pada Dies Natalis tahun yang akan datang akan ada banyak pelajar SMA yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.[Dwi_Inay/Humas]