Syahrudin Putera Isi Kuliah Tamu di FISIP

H (30)
H (42)
H (46)
IMG_2179
IMG_2182
IMG_2193

 

(Unila): Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lampung Timur Syahrudin Putera, S.Sos., M.M., isi kuliah tamu bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan di Gedung D/R.3.1 FISIP Universitas Lampung, Jumat (29/09/2017).

Syahrudin yang juga alumni Ilmu Pemerintahan FISIP Unila ini menyampaikan materi kuliah tamu bertajuk “Peran Strategis Sekretaris Daerah Dalam Pemerintahan dan Pembangunan Daerah”.

Dalam pemaparannya lelaki kelahiran 9 Oktober 1971 ini menjelaskan bagaimana sebuah konsep dan komitmen dalam memahami dan menjalankan tugas Sekdakab Lampung Timur.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara ini mengatakan, setidaknya terdapat sembilan variabel yang harus dipahami dan dicermati.

Dimulai dari berdoa dan mendekatkan diri kepada sang pencipta; memahami sekdakab yang diatur dalam UU ASN (5/2014), UU Pemerintahan Daerah (23/2014), PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah; memahami visi misi program prioritas pasangan kepala dan wakil kepala; mencermati RPJMKab Lamtim-RPJMProv Lampung, dan RPJMN.

Selanjutnya mencermati perda terbaru Lamtim tentang organisasi perangkat daerah; memelajari laporan terakhir profil dan kinerja aparatur birokrasi Lampung Timur dalam RPJMD; mencermati sejarah, demografi, dan tantangan Kabupaten Lampung Timur; mencermati hal-hal baru terkait regulasi, kebijakan, program, agenda, dan persoalan kelak di tingkat pusat hingga kabupaten.

Variabel terakhir, lanjutnya, yakni dengan memerhatikan secara seksama saran dan masukan dari kepala dan wakil kepala daerah, para senior birokrasi, mitra forkominda, jaringan strategis, almamater, referensi, dan juga saran dari tim seleksi.

“Pengetahuan dan pemahaman saya terbatas. Namun senantiasa akan terus belajar terkait sembilan variabel ini ditambah sedikit pengalaman kepemimpinan, manajemen, diklat, dan administrasi selama di birokrasi pemerintahan. Ini menjadi pedoman bagi saya menjalankan amanah Sekkab Lampung Timur,” papar mantan Camat Tanjungraya Lampung Utara ini.

Dosen FISIP Syafarudin, M.A., mengungkapkan, Jurusan Ilmu Pemerintahan Unila memiliki misi menjadikan mahasiswanya kompeten di bidang pemerintahan dan bidang politik. Metode dan sumber pengajarannya tidak lah klasikal di kelas namun juga di lapangan. Sumber pengetahuan tidak hanya dari dosen dan buku tapi hasil dialog dan wawancara pada tokoh atau narasumber mumpuni di bidangnya.

“Kali ini kami mengundang Sekdakab Lampung Timur karena posisi strategisnya layak didengarkan ilmu dan pengalamannya,” kata dia.[Inay_Humas]