SPI Gelar Bimtek Pertanggungjawaban Keuangan

IMG_1158
IMG_1161
IMG_1164
IMG_1171
IMG_1173

(Unila): Satuan Pengendalian Internal (SPI) adakan bimbingan teknis pertanggungjawaban keuangan dalam rangka percepatan realisasi anggaran di lingkungan Universitas Lampung. Acara berlangsung di lantai IV ruang sidang II Gedung Rektorat, Kamis (15/03/2018).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Ir. Muhammad Kamal, M.Sc., para kepala jurusan, BPP, dan verifikator. Narasumber kegiatan dihadirkan dari KPPN Provinsi Lampung Ruli Oktofian selaku penyaji laporan keuangan KPPN senior, KPP Pratama Rio Risko Pratama selaku seksi pengawasan dan konsultasi III, Kepala Bagian Keuangan Unila Nurhidayati, S.E., M.Akt.

Dr. Heni Siswanto, S.H., M.H., selaku Ketua Satuan Pengendalian Internal dalam laporannya mengatakan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan semakin berorientasi pada pengoptimalan kinerja di masing-masing jurusan maupun bagian. Untuk itu perlu peningkatan kapasitas dan pengelolaan pertanggungjawaban keuangan terutama bagi pegawai yang dilibatkan dalam bidang keuangan.

Dengan diselenggarakannya bimtek ini, diharapkan memberi pengetahuan dan memahirkan petugas saat membuat laporan pertanggungjawaban keuangan dalam bentuk spj secara baik dan benar sehingga apa yang telah dilakukan dan dihasilkan dapat bermanfaat.

Prof. Muhammad Kamal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan karena satker-satker di seluruh kementerian harus mengelola anggaran secara efektif dan efisien sesuai pagu di masing-masing unit kerja.

Dalam tata birokrasi, kata Kamal, Unila tengah mengimplementasikan reformasi tata kelola keuangan yaitu penguatan bidang kinerja. Tentunya, kinerja yang dilakukan secara terus-menerus harus menunjukkan peningkatan akuntabilitas terhadap kinerja tersebut. Artinya birokrasi yang diselenggarakan harus bersih dan mampu dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian, lanjutnya, keterlibatan SPI dalam hal pengawasan proses birokrasi dan tata kelola keuangan yaitu dengan menyelenggarakan bimtek secara periodik, yang rencananya dilakukan selama 4 bulan sekali atau paling lama 1 tahun sekali.[Dwi Putriana/Inay_Humas]