(Unila): Universitas Lampung (Unila) melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Yulianto kembali sosialisasikan sistem pengumpulan capaian prestasi bidang kemahasiswaan di tingkat pada fakultas kedokteran (FK) setempat, Rabu (11/3/2020).

Prof. Yulianto dalam sambutannya menjelaskan, Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan atau Simkatmawa merupakan sistem yang dirilis Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dalam sistem itu dapat dinilai seberapa bagusnya perguruan tinggi dilihat dari prestasi mahasiswanya.

Oleh karena itu, ia merasa harus melakukan roadshow dalam rangka memperkenalkan Simkatmawa ke setiap fakultas yang ada di Universitas Lampung. “Untuk membangun kesadaran ini saya harus menjemput bola mendatangi fakultas-fakultas, karena di fakultas tersedia mutiara-mutiara yang prestasinya bisa diangkat,” ujarnya.

Selain itu, roadshow ditujukan agar seluruh pihak dapat memiliki pemahaman yang sama terhadap mahasiswa karena keikutsertaan mereka juga memengaruhi penilaian borang akreditasi khususnya yang berkaitan dengan prestasi.

Prof. Yulianto meminta setiap program studi yang ada di FK menyediakan tim pembina kegiataan kemahasiswaan yang membantu, memonitor, dan mengembangkan prestasi-prestasi mahasiswa yang ada di prodinya.

Prestasi – prestasi tersebut contohnya di bidang penelitian seperti penulisan artikel yang terbit di koran lokal maupun nasional, penulisan jurnal nasional atau internasional yang merupakan kolaborasi antarmahasiswa dan dosen maupun PKM.

Prestasi-prestasi tersebut nantinya dilaporkan dan akan diinput ke dalam Simkatmawa. Kegiatan turut dihadiri tim kerja wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, dekan dan para wakil dekan, para ketua jurusan, kepala bagian, serta para kasubbag yang ada di lingkungan FK. [Humas/Angel]