Sosialisasi Pengembangan PUI 2015

(Unila): Kementerian Riset Teknologi (Kemenristek) melakukan sosialisasi kegiatan pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2015 di Universitas Lampung (Unila). Asisten Deputi Relevansi Program Riset Iptek selaku penanggung jawab menyosialisasikan PUI di ruang sidang gedung Rektorat, Rabu (20/5).

Kegiatan tersebut menghadirkan Asisten Deputi Relevansi Program Riset Iptek, Deputi Bidang Relevansi dan Produktivitas Iptek, Ir. Santoso Yudo W, M.T., sebagai pemateri, dan para peserta yang terdiri dari dosen peneliti, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), serta kepala pusat studi di LP2M di lingkungan Unila.

Dalam pemaparannya Santoso menyampaikan, PUI merupakan salah satu indikator kinerja utama Kemenristek. Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya dalam penguatan kelembagaan iptek dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional yaitu melalui peningkatan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan iptek.

Pusat Unggulan Iptek yang dimaksud, katanya, adalah suatu organisasi baik berdiri sendiri maupun berkolaborasi dengan organisasi lainnya (konsorsium) yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna iptek. “Pengembangan PUI dilakukan dengan memerkuat lembaga litbang yang telah ada, agar dapat dicapai kinerja litbang dengan standar yang tinggi,” ujar Santoso.

Saat membuka kegiatan, Ketua LP2M Unila Dr. Eng. Admi Syarif mengatakan, Universitas Lampung sangat menyadari pentingnya inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan sosialisasi program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek yang dimaksudkan untuk menjaring lembaga-lembaga yang berpotensi untuk diseleksi dan dikembangkan menjadi Pusat Unggulan Iptek.

Menurutnya, program pengembangan Pusat Unggulan Iptek ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif dapat rangka meningkatkan motivasi lembaga litbang untuk dapat lebih produktif sehingga mampu bersaing dan menjadi pusat rujukan untuk bidang spesifik bagi lembaga litbang dalam negeri maupun internasional.

Pada acara sosialisasi tersebut disampaikan kriteria Pusat Unggulan Iptek, tema prioritas tematik Pusat Unggulan Iptek yang akan dikembangkan, sistem insentif yang akan diberikan kepada Pusat Unggulan Iptek dan output yang harus dihasilkan oleh Pusat Unggulan Iptek. Tanggapan yang cukup antusias serta harapan-harapan banyak disampaikan oleh peserta sosialisasi tersebut.[]