(Unila): Universitas Lampung (Unila) kembali dipercaya menyelenggarakan Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul. Program itu disosialisasikan di ruang sidang lantai 2 Rektorat, Selasa (16/04/2019).

Penyelenggaraan program PT asuh unggul oleh Unila merupakan kali ketiga sejak tahun 2017. Hal itu sebagaimana tindak lanjut Surat Nomor 009/B4/PPK-SPK/III/2019 Kemenristekdikti Direktorat Jendral Belmawa.

Ketua Pelaksana Kegiatan Priyambodo, M.Sc., mengungkapkan, acara ini diikuti 10 Perguruan Tinggi di Lampung.

Mereka di antaranya STIMIK Tunas Bangsa, STIBUN Lampung, AMIK Lampung, AKPAR Satu Nusa, STIE Lampung, STBA Yunisla, STKIP Kumala Metro, STIT Pringsewu, STKIP Al Islam Tunas Bangsa, dan STKIP PGRI Metro.

Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin menjelaskan, Unila selaku perguruan tinggi tertua di Lampung memiliki kewajiban menjaga mutu pendidikan di Bumi Ruwa Jurai. Pelaksanaan program PT Asuh ini merupakan upaya meningkatkan penjaminan mutu di perguruan tinggi yang ada di Lampung.

Ia mengatakan, akreditasi adalah level mutu perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan. Salah satu jaminan bagi pengguna jasa dalam menerima pendidikan. Ukurannya adalah akreditasi.

Universitas berakreditasi A memiliki kewajiban untuk melakukan pendampingan atau program asuh untuk perguruan tinggi lain yang belum atau baru terakreditasi C,” urainya.

Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustafa menjelaskan, program asuh unggul adalah titik awal berbagai kerja sama yang akan dilakukan ke depan. Ia berkeyakinan para pendiri perguruan tinggi sebelumnya memiliki semangat utama memperluas akses pendidikan dan mencerdaskan bangsa.

Ia menambahkan, dinamika dan tantangan pengelolaan menejemen perguruan tinggi memerlukan sinergi, bimbingan, dan arahan semua pihak.

Senada dengan hal itu Ketua STKIP Kumala Metro Budi Hartono berharap, kegiatan ini menjadi semangat dan energi baru bagi perguruan tinggi swasta di Lampung. Program diharapkan mampu meningkatkan kualitas audit pengelolaan mutu pendidikan.

Adapun kegiatan diawali dengan sosialisasi target pelaksanaan program asuh oleh Elida Purba, Ph.D., diakhiri penandatanganan nota kesepahaman antara Unila dan peserta program PT Asuh 2019.[Riky_Humas]