(Unila): Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM-F) Mahkamah Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Nasional bertajuk “Pemilu Serentak: Potensi Ledakan Sengketa dan Konflik Pascapemilu”.

Kegiatan berlangsung di Auditorium Prof. Abdulkadir Muhammad, S.H., FH Unila, Sabtu (13/4/2019). Acara dihadiri Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., sebagai salah satu narasumber.

Menurut Ketua Pelaksana Ebi Heriyanto, diusungnya tema pemilu didasari potensi gugatan hasil sengketa pemilu yang akan banyak muncul. Selain itu, untuk menganalisis peta konflik yang akan ditimbulkan pascapesta demokrasi.

“Kami berharap mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang diberikan ketua MK RI,” ucap Ebi yang juga menjabat Ketua UKM-F Mahkamah FH Unila.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Dr. H. Bujang Rahman, M.Si., yang memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara seminar nasional secara resmi.

Dalam sambutannya Bujang mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap UKM-F Mahkamah FH karena menyelenggarakan acara yang menghadirkan sejumlah pakar.

“Saya rasa topik ini sangat strategis mengingat bangsa Indonesia adalah masyarakat majemuk dan Lampung termasuk bagian dari masyarakat majemuk. Masyarakat yang beragam ini akan melahirkan variasi persepsi dalam respons berbagai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. Termasuk persoalan pemilu,” imbuhnya.

Bujang juga menjelaskan, topik seminar merupakan komitmen bersama menjaga perdamaian dan keharmonisan pascapemilu serentak yang sebentar lagi akan diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wujud upaya antisipasi agar dapat terhindar dari konflik-konflik yang tidak diinginkan setelah melaksanakan pesta demokrasi.

Selain ketua MK RI, acara yang  diikuti mahasiswa dan umum ini turut menghadirkan narasumber lainnya yaitu peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik LIPI Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A., perwakilan KPU Provinsi Divisi Hukum M. Tia Aliansyah, S.H., M.H., perwakilan Bawaslu Provinsi Divisi Pengawasan Iskardo P. Panggar, S.H., M.H., dan akademisi FH Unila Dr. Budiono, S.H., M.H.[rilisFH/Inay_Humas]