Semnas FP: Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

FAKULTAS Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) gelar seminar nasional bertajuk “Peran Ahli Teknologi Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional” di GSG Hotel Novotel Bandarlampung, Selasa (10/10/2017).

Seminar nasional dan rapat tahunan di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun PATPI ke-50 yang mengamanahkan Provinsi Lampung menjadi tuan rumah.

Ketua PATPI Cabang Lampung Dr. Samsu U. Nurdin menyampaikan, beberapa tujuan digelarnya acara ini antara lain meningkatkan peran ahli teknologi pangan dalam rangka mencapai ketahanan pangan nasional, menjadi tempat untuk mewadahi para ahli teknologi pangan dalam mengomunikasikan serta memasyarakatkan PATPI kepada khalayak luas, sekaligus meningkatkan interaksi di antara para peneliti, PATPI, pemerintah, dan dunia industri.

Seminar nasional kali ini dihadiri Menteri Perindustrian RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Industri Makanan Hasil Laut Gizi Perikanan Enny Ratnaningtyas, Gubernur Lampung diwakili Sutono M.M., selaku Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Wali Kota Bandarlampung yang diwakili oleh Ir. Pola Pardede, selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ketua Umum PATPI Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P., beserta pengurus PATPI cabang Lampung

Selanjutnya Rektor Universitas Lampung yang diwakili Dr. Warsono, selaku Ketua LP2M Universitas Lampung, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., serta Direktur Politeknik diwakili oleh Ketua LPPM Polinela.

Dalam sambutannya, Irwan Sukri Banuwa mengatakan, kegiatan produksi pertanian itu dari hulu sampai ke hilir memang sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak terkait dan berharap kegiatan ini terus dilaksanakan dalam rangka membangun ilmu pengetahuan teknologi pangan dan ilmu pertanian lainnya.

Adapun keynote speaker pada semnas tersebut antara lain Enny Ratnaningtyas (Direktur Industri Makanan Hasil Laut Gizi Perikanan), Prof. yaya Rukayadi (Universitas Malaysia), Dr. Seiichi Kasaoka (Bunkyo University), Ir. M. Nadjikh (Owner PT. Kelola Mina Laut), Ibu Wanda Callista Sandra, B.Sc. M.M. (Sales Manager PT. TCI-BIO), dan Prof. Rindit Pambayun (Ketua Umum PATPI). [rilisFP_Inay/Humas]