(Unila): Tim Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) 3R (reduce, reuse, recycle) sambangi Rektor Unila guna memaparkan kesiapan sistem pengelolaan sampah melalui program TPST 3R, Senin (20/01/2020). Rombongan yang dipimpin oleh Ofik Taupik Purwadi, M.T ini  diterima langsung Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani di ruang rapat senat rektorat lantai 2.

Ofik menyampaikan bahwa pihak TPSP 3R masih mengawal masa pemeliharaan setting tempat dan alat pengelolaan sampah yang masih menjadi tanggung jawab kontraktor. Ia menerangkan bahwa masa pengawalan ini disebut proses retensi dan berlangsung selama 6 bulan. 

Ofik mengatakan Unila terus berupaya melaksanakan petunjuk teknis pengelolaan persampahan sesuai arahan Kementerian Pekerjaan Umum termasuk persiapan tenaga operator yang menjalankan alat ini nanti. Adapun syarat pengelolaan sampah yakng dimaksud yaitu konstruksi harus memiliki bak sampah tertutup serta kedap air, volume tampung cukup dengan jumlah pemakai, dan jarak dengan sumur terdekat harus lebih dari 10 meter. 

Lebih lanjut Ofik menjelaskan bahwa program TPSP 3R ini akan melayani 8 fakultas dengan cara mengurangi atau meminimalisasi sampah (reduces), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle). Di dalam perencanaannya, program pengolahan sampah ini memiliki konsep zero waste yakni sampah yang masuk akan menghasilkan keluaran yang bermanfaat. 

“Sampah organik akan menjadi komposter, sampah cair akan menjadi biogas, sampah plastik akan menjadi minyak bahan bakar, dan kayu-kayunya untuk proses gasifier pembakaran si plastik itu, sehingga tidak ada yang terbuang kecuali sisa abu senyak 7 %”, urainya. 

Menanggapi hal itu, Rektor Unila Prof. Karomani mengemukakan bahwa ditemukan beberapa titik sumber sampah di kampus yang selanjutnya agar segera ditindaklanjuti. Kampus Unila kini telah memiliki instalasi pengolahan sampah terpadu dan kelak akan segera diresmikan.

Karomani juga berpesan bahwa untuk mewujudkan Unila yang lebih baik yakni dengan cara bersinergi melakukan berbagai upaya kerja bersama menuntaskan permasalahan termasuk pengelolaan sampah. [Riky]

Bagikan konten ini :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •