(Unila): Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Hasriadi Mat Akin menerima peta Indonesia dari Inspektur Badan Informasi Geofisikal (BIG) SUgeng Projadi, di Gedung J Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jumat (8/2/2109).

Serah terima itu usai Rektor mengikuti Roadshow Geospasial bertajuk “Informasi Geospasial dan Kebencanaan”. Kegiatan mengedukasi mahasiswa terkait perkembangan informasi geospasial di tanah air saat ini turut dihadiri guru mata pelajaran yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi di Provinsi Lampung, sejumlah dosen, dan mahasiswa di lingkungan kampus setempat.

Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja sama BIG Wiwin Ambarwulan menyampaikan, Badan Informasi Geofisikal dan Universitas Lampung telah menandatangani MoU sejak 2016 dengan membentuk Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS), dan Unila menjadi PPIDS di Provinsi Lampung.

PPIDS Universitas Lampung merupakan perpanjangan tangan BIG di Provinsi Lampung untuk proses pembuatan peta, tata ruang, kebencanaan, dan hal terkait lainnya.

Prof. Hasriadi mengatakan, perkembangan globalisasi saat ini begitu cepat. “Era revolusi industri 4.0 bukan lagi zaman yang besar mengalahkan yang kecil melainkan siapa yang memiliki big data baik statistik maupun geospasial, dia menjadi pemenang”.[Penda/Inay_Humas]